Arloji Termahal di Dunia Seharga Rumah dan Isinya! (2)

Oleh: Setiadi R. Saleh

Teknologi yang terdapat dalam jam mahal tidak tanggung-tanggung, super lengkap. Anda pernah menonton film James Bond (7 seri), Mission Impossible (3 seri) atau film Born (3 seri). Film ini adalah film tentang spionase (mata-mata). Jam tangan di dalam film tersebut difungsikan untuk macam-macam seperti halnya untuk kamera tersembunyi, memotret, alat komunikasi (ponsel), pemancar sinyal radar, bahkan digunakan untuk menembak dengan peluru mematikan. Meski itu film yang tadinya kelihatannya tidak ada. Akhirnya film tersebut menginspirasi untuk membuat jam dengan kualitas canggih.

Prediksi tentang akan hilangnya produksi jam tangan ternyata tidak sepenuhnya benar. Meski, smartphone atau ponsel sudah menyediakan fasilitas untuk melihat jam. Masih banyak orang yang suka memakai jama tangan. Jam tangan sudah menjadi bagian dari fashion (pelengkap) untuk bergaya trendi mengikuti perkembangan terkini.

Di Indonesia sendiri apakah ada orang yang berminat dan menggunakan arloji mahal? Ada. Tetapi, tentu saja tidak seharga milyaran melainkan hanya ratusan juta. Hal itu sudah termasuk ke dalam kaum jet set Indonesia. Masih hangat dalam ingatan kita baru-baru ini kasus yang melilit Ahmad Fathanah, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tentang korupsi impor daging sapi dan skandal “affair” dengan sejumlah wanita-wanita cantik. Ahmad Fathanah memberikan mobil mewah dan sebuah jam tangan berharga puluhan juta kepada seorang perempuan model majalah pria dewasa. Kasus ini menyita perhatian publik. Jam tangan rupanya sudah menjadi hadiah yang berkelas dan menjadi “gengsi” tersendiri.

Istilah arloji pada mulanya adalah jam kecil, biasa dipakai pada pergelangan tangan atau ditaruh dalam saku. Mungkin karena susah menyebutkan arloji, maka kebanyakan orang kemudian menyebut kata jam. “Jam berapa sekarang?” bukan “Arloji berapa sekarang?” Jadi, penggunaan kata jam sekaligus dipakai untuk menanyakan waktu (kata sifat) dan sekaligus pula untuk benda yang dapat mengetahui waktu yakni jam (kata benda).

Daftar Nama Arloji Termahal di Dunia
Urutan di bawah ini bukanlah urutan dari sisi mahal ke murah atau dari murah ke mahal melainkan urutan acak (random). Berikut ini nama arloji-arloji yang memiliki harga tinggi antara lain:

·         Rolex
·         Baume & Mercier William Baume Flying Tourbillion
·         Tag Heuer (Milik Moët Hennessy Louis Vuitton)
·         Monaco V4
·         Jean Richard Paramount Tourbillion
·         Glashütte Original Julius Assmann 4 in white gold
·         Porsche Design Indicator P´6910 in rose gold
·         Panerai L’Astronomo Luminor Tourbillion
·         Equation of Time in rose gold
·         Breitling Grande Complication
·         IWC Grande Complication
·         Concord C1 Tourbillion Gravity
·         Montblanc Grand Tourbillion Heures Mysterieuses in platinum
·         Chopard Secret
·         A. Lange & Söhne Tourbograph “Pour le Mérite”
·         Greubel Forsey Quadruple Tourbillion
·          Vacheron Constantin Malte Tourbillion Regulator
·         Omega Constellation Baguette
·         Breguet Classique 5349 Grande Complication
·         Audemars Piguet Jules Audemars Grande Complication
·         Jacob & Co. Crystal Tourbillion
·         Hublot Million $ Black Caviar
·         Girard Perregaux (satu di antara perusahaan jam tertua di Swiss yang berdiri sejak tahun 1791).
·         Roger Dubuis.
·         Patek Philippe
·         Cartier
·         Franck Muller
·         Jaeger Le Coultre
·         Omega

Di antara merk-merk tersebut mungkin ada yang belum pernah kita dengar. Lain hal seperti merk-merk jam Titus, Seiko, Casio adalah jam yang diproduksi secara massal. Lantaran terlalu banyaknya jam yang diproduksi massif. Kita tidak dapat lagi mengenali mana jam yang asli atau jam palsu. Berbeda halnya dengan arloji mahal yang diproduksi terbatas sesuai kebutuhan dan permintaan. Sebab, umumnya arloji mahal didesain dan diciptakan untuk sesuatu yang unik, istimewa, dan tidak boleh ada duanya, harus berbeda dibandingkan dengan yang lain. Oleh karena itu arloji mahal sulit ditiru karena bahannya saja sudah berbeda. Kalaupun ditiru paling-paling menyamarkan nama produknya saja seperti misalnya ada satu merk handphone seharga ratusan juta merknya Vertu. Handphone ini dihiasi oleh berbagai macam manik-manik intan berlian dan emas putih. Cina akhirnya membuat tiruannya dengan harga yang sangat murah dengan merk Virtu, tentu saja tidak ada intannya. Sebelum membeli jam asli dengan kualitas terbaik sebaiknya pastikan terlebih dahulu. Jam asli selalu menyertakan sertifikat berharga sebagai bukti keterangan bahwa jam mahal yang kita miliki terjamin keasliannya. Ingat, jangan membeli jam seharga puluhan atau ratusan juta melalui online. Datang langsung ke toko yang resmi dan Anda akan menemukan kemewahan dalam arloji mahal. Bukankah harga tidak pernah berdusta. Kualitas selaras dengan harga yang mahal.


Terakhir, katakanlah jika Anda memiliki uang milyaran rupiah, apakah Anda akan membeli arloji termahal di dunia seharga US$ 5 juta setara dengan Rp. 5 miliar atau lebih memilih membeli mobil dan rumah mewah lengkap beserta isinya.[]

Comments