Sukun Si Buah Roti



Sukun Si Buah Roti
Oleh: Setiadi R. Saleh, Sos.,

Panganan atau camilan sukun lebih sering kita temui di tukang-tukang gorengan di pinggir jalan. Gorengan sukun memang enak, nikmat, murah dan mengenyangkan. Olahan sukun bisa direbus, disangrai, tapi memang yang paling enak digoreng.  
Buah sukun tidak berbiji dan umumnya tumbuh di daerah tropik, terutama di Pasifik dan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam. Makanan sukun bagi masyarakat Indonesia sepintas mirip dengan ubi jalar dan singkong. Hampir rata-rata orang menyukainya. 

Khasiat, Manfaat, dan Resep Buah dan Daun Sukun
·         Buah sukun mengandung niasin, vitamin C, riboflavin, karbohidrat, kalium, thiamin, natrium, kalsium, dan besi.
·         Mengandung serat karbohidrat 35 persen.
·         Kaya kandungan gizi .
·         Aman dikonsumsi penderita diabetes.
·         Rebusan daun sukun menurunkan kadar kolesterol darah, dan ginjal. Air rebusan diminum setiap hari satu gelas. Selain baik untuk ginjal, daun sukun untuk meredam laju kolesterol jahat dalam darah.
·         Daun sukun berkhasiat mengatasi peradangan.
·         LIPI mengungkapkan, daun sukun berguna bagi proses penyembuhan penyakit kardiovaskular. Meningkatkan kinerja ginjal, penurun kolesterol, cocok untuk jantung.
·         Sukun yang masih muda lebih banyak dimasak untuk sayur lodeh, sayur asam atau ditumis.
·         Daun sukun dijadikan pakan ternak. Getahnya untuk menjerat burung, menambal perahu, dan sebagai bahan dasar permen karet.
·         Tjandrawati peneliti ahli dari LIPI mengungkapkan, masyarakat Indonesia secara tradisional menggunakan daun sukun untuk pengobatan penyakit hati, inflamasi, jantung, ginjal, sakit gigi, dan gatal-gatal.

Prospek Bisnis dan Olahan Pangan Berbahan Sukun
·         Tepung sukun sebagai bahan dasar makanan seperti diolah menjadi roti bolu sukun, donat, muffin, tart, blackforest, pukis, pizza, seledristick, cheesestick, brownies, cake, dan aneka kue kering lainnya.
·         Bahan pangan alternatif prospektif dikembangkan di berbagai daerah.
·         Buah sukun bisa langsung dimanfaatkan direbus, digoreng maupun dibakar.
·         Sebelum jadi roti, buah sukun terlebih dahulu dibuat menjadi tepung. Daging buah telah dikeringkan sampai 75%, 31% gula, 5% protein, dan sekitar 2% lemak.
·         Di pulau Jawa sukun banyak dibudidayakan oleh masyarakat.
·         Sukun bukan buah bermusim. 

Hasil Olahan Sukun
·         Bolu sukun
·         Roti sukun
·         Donat sukun
·         Dan aneka macam kue dan roti.

Nama-nama Lain Sukun
·         Buah roti
·         Breadfruit
·         Broodvrucht
·         Sukun dalam bahasa Jawa berarti "tanpa biji"
·         Kulur (bahasa Sunda)
·         Kluwih (bahasa Jawa).
·         Kuru, ulu, atau uru.
·         Timbul
·         Artocarpus altilis.

Ciri dan Bentuk Pohon Sukun
·         Pohon sukun umumnya tinggi mencapai 30 meter. Kebanyakan hanya belasan meter, batangnya besar dan lurus.
·         Bertajuk renggang, bercabang dan berdaun besar, berselang-seling; lembar daun 20-40 × 20-60 cm. Kuncup tertutup. Semua bagian pohon mengeluarkan getah putih (lateks) apabila dilukai.
·         Sukun dapat menghasilkan buah hingga 200 butir per pohon per tahun.
Setelah dimasak atau digoreng, buah sukun yang tidak berbiji memiliki bagian empuk seperti roti. Rasanya sangat enak dan nikmat apalagi ditemani secangkir teh hangat atau kopi kental. Cocok untuk teman camilan saat cuaca hujan. Wuih…nikmatnya…!

Comments

Penulis said…
iya memang kerupuk-keripik sukun