Susahnya Cari Pembantu

Oleh: Setiadi R. Saleh, S.Sos.,

Sebelum mencari dan memilih pembantu, pahami terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan. Sebab, memilih pembantu itu tidak mudah. Dalam tulisan ini yang kita bahas adalah pembantu rumah tangga [PRT] dan Baby Sitter [BS]. 

Misalkan, jika Anda membaca iklan seperti ini: Anda butuh pembantu rumah tangga atau baby sitter. Jangan biarkan kesulitan pekerjaan rumah tangga membebani Anda. Kami menyediakan PRT/BS. Pemula dan Berpengalaman. Bergaransi 3 bulan sampai 1 tahun dan resmi. Hub: 061-84655xxx. Gaji mulai dari Rp. 500.000 s/d Rp. 600.000 per bulan. Gaji baby sitter mulai Rp. 750.000 s/d Rp. 1.000.000 plus cuti. Stok ready. Kami mengutamakan pelayanan bagi Anda yang sibuk dan tidak bisa datang ke kantor kami, kami siap mengantarkan ke rumah Anda.  PRT dilengkapi foto dan biodata.

Setelah membaca iklan demikian. Di benak Anda, rasanya ingin sekali punya pembantu. Namun, bagaimana dengan gajinya. Dan jikapun ada anggarannya, apakah pembantunya dapat dipercaya. Ini pertanyaan wajar. Karena itu, bagi sebagian orang, memiliki pembantu mutlak diperlukan. Sementara bagi yang lain belum tentu karena masih sanggup mengerjakannya sendiri. Setiap orangtua tau, dan pasti pernah mengalaminya: Mereka yang baru melahirkan bayi, mereka yang sibuk bekerja, mereka yang memiliki anak lebih dari satu, kerepotan mengatur waktu dalam beres-bersih-mencuci-setrika-masak, dan mereka-mereka yang membutuhkan bantuan pertolongan. Kerjaan rumah tangga kelihatannya mudah. Padahal begitu melelahkan hasilnya pun selalu tidak kelihatan dan seringkali tidak dihargai.

Punya PRT, butuh tak butuh. Terkadang perannya baru terasa apabila sudah tiada. Misal, pas hari raya, liburan, natal, tahun baru. Pendek kata, ketika PRT pulang kampung. Semua anggota dikerahkan dan dibagi-bagi tugas untuk bersih-bersih rumah. Tidak jarang pula, pembantu tersebut setelah pulang kampung, tidak kembali lagi dengan alasan yang kadang tidak ketahui. Alternatifnya adalah mendatangi sejumlah agen penyalur PRT atau menghubungi sanak famili yang dapat mencarikan orang untuk bantu-bantu. Tidak mudah memilih seorang pembantu. Selain dapat mengurus rumah dan menjaga anak, yang paling penting adalah dapat dipercaya.
Meski terkadang digaji sesuai standar. Makanan yang dimakan majikan pun ikut pembantu makan. Hampir tidak dibatasi, dan tetap diberi arahan mana wilayah pembantu dan mana wilayah tuan rumah. Ingat, PRT sekarang bukan seperti zaman dahulu yang dapat mengabdi puluhan tahun. Sekarang paling-paling 1 tahun sudah bagus.  Mengapa bisa demikian? Masing-masing BS/PRT memiliki keluhan berbeda yang paling sering adalah: Anak asuhnya nakal, tuntutan majikan terlalu tinggi, majikan kurang perhatian, alasan kerja semata-mata uang, cari pengalaman, merasa gengsi, tidak tahan mental.
 
Berdasarkan polling mailing list majalah Nakita menyebutkan, 75%  mencari “pengasuh/pembantu rumah tangga yang jujur,” 24% responden memilih mencari “pembantu yang cekatan dengan tugasnya,” sisanya menjawab, “sudah sangat butuh dan tidak ada pilihan.” Selain itu, kriteria PRT, fisik harus sehat. Kriteria lain adalah pengalaman kerja dan umur, tidak terlalu tua, juga tidak terlalu muda.

Tips Menyeleksi PRT dan BS 

·         Kartu identitas atau KTP.
·         Surat izin dari orangtua/wali untuk bekerja.
·         Ijazah sekolah.
·         Konfirmasi dari tempat bekerja sebelumnya.
·         Lihat sendiri calon BS/PRT yang akan dipekerjakan.
·         Jangan pekerjakan anak di bawah usia 15 tahun.
·         Lakukan wawancara.
·         Ajak anak yang akan diasuh.
·         Perhatikan respons BS terhadap anak.
·         Tanyakan latar-belakang pekerjaan sebelumnya.
·          Minta referensi dari yayasan.
·         Terus terang mengenai kondisi keluarga dan anak yang akan diasuh. 
·         Perlu waktu pendampingan dari majikan agar tau karakteristik anak asuhnya serta bagaimana menanganinya.
·         Untuk PRT, beritahu cara-cara menggunakan peralatan rumah tangga seperti kompor gas, blender, vacuum cleaner, dan seterusnya.
·         Beritahu tata-cara menerima tamu. Hal ini berkaitan dengan keamanan.
·         Beri waktu libur, mengingat PRT umumnya tidak mendapatkan jatah cuti seperti BS.

Jenis-jenis pembantu

Sebagian orang kaya, barangkali akan memperkerjakan pembantu lebih dari satu. Dan umumnya pembantu dibagi-bagi sesuai tugasnya masing-masing. Gambarannya kira-kira:
·         Kepala PRT, kepala pelayan.
·         Chambermaids [housemaids], pelayan khusus membersihkan kamar tidur. Di hotel umumnya dikenal dengan istilah riching.
·         Nursery [Nanny], menjaga anak-anak; pengasuh.
·         Juru masak.
·         Lady's, pelayan senior yang melaporkan langsung kepada nyonya rumah.
·         Tukang kebun.
·         Driver.
·         Security.


Setiap orang dan setiap tempat tentu berbeda kriterianya. Di Jepang, jika ingin mendapatkan pembantu ideal, biodata harus lengkap disertai surat keterangan tidak pernah terlibat tindak kriminal. Di Jepang pula, orang milih pembantu seperti memilih idola-bintang pop, mengukur tinggi badan, lingkar pinggang, leher, golongan darah, nomor sepatu, dan lain sebagainya. 

Lalu bagaimana dengan Anda? Sekalipun semua persyaratan pembantu Anda miliki. Masihkah Anda merasakan susahnya cari pembantu? Dan Anda tidak mungkin, mendapatkan pembantu yang berkualitas. Jika Anda belum bisa menjadi majikan yang baik. Mungkin, Anda sedikit perlu menggunakan intuisi dalam menilai. Ketahuilah hati akan bertemu dengan hati.[]

Comments