Rantau Panjang Peureulak 1976-1982 (Kenangan kecil tidak mati. But, still living in the present)

by Setiadi Sejati on Tuesday, 12 April 2011 at 11:52 ·
Rantau Panjang 1976-1982 (Kenangan kecil tidak mati. But, still living in the present)

Waktu itu, kota kecil Rantau Panjang boleh dikata sangat hidup dan berkembang. Sebab, Asamera Oil masih beroperasi. Banyak pendatang dari Medan, Jakarta, sekitar Aceh yang mencari peruntungan nasib di Rantau Panjang. Bahkan penduduk setempat terbiasa berbicara bahasa Inggris dengan orang bule walau sepotong-sepotong.

Setiap kali pekan tiba, pajak (pasar) di Rantau Panjang ramai dikunjungi orang. Masa itu, sekedar nonton video di sebuah kedai, makan martabak telor kari cane, teh manis hangat sudah sangat membahagiakan. Kadang-kadang orang Rantau Panjang menghabiskan waktu liburan di Kuala Beukah. Pantai asri dengan angin dan cemara berduri. Anak-anak mengejar kepiting dan mendirikan istana pasir. Tidak ada air mata dan kekecewaan. Kesenangan dan kebahagiaan semata yg mengisi jiwa.

Setiap lebaran tiba, bisa dipastikan seluruh penduduk Rantau Panjang, dari Kampung Tempel sampai Lapangan Benteng, Penaron sampai Pasir Putih, Bukit Pala sampai Masjid Tajul Ula, Alur Dua sampai komplek Benteng. Berkirim salam dan berbagi makanan. Bolu ikan, timpan, gulai kambing batang pisang muda, dendeng rusa, dan sirup Kurnia.

Seakan-akan hati bertemu hati. Cinta bertemu cinta.
30 thn silam, ada sebuah kedai di kampung besar. Letaknya di sebelah kiri (di foto tdk ada) dan ada terminal kecil tempat transit menuju Rantau Panjang, biasanya banyak orang yg rehat sejenak sekedar minum teh panas dan sukun goreng pulut panggang. Lalu shalat di masjid kecil. Kemudian melanjutkan perjalanan. Foto diambil koleksi facebook Album RANTAU PANJANG - ACEH TIMUR
Setelah jembatan besar, terdapat segitiga. Lurus menuju Lhoksemawe-Banda Aceh, ke kiri menuju Lokop Rantau Panjang
Selamat datang Rantau Panjang
Kedai Rantau Panjang. 30 thn silam, ada sebuah kedai yg khusus untuk makan, rekreasi, dan menerima titipan surat.
Sisa-sisa kejayaan Asamera Oil. Foto-foto diambil dari FB Rantau Panjang Memories.
Sekolahku dulu waktu kecil. Sebelahnya ada TK. Sumber foto dari FB. Terima kasih utk teman2 FB yg memiliki koleksi Album Rantau Panjang.
· · · Share · Delete


    • Agam Pirsau indah bener ms2 itu ya cs..jjr prasaan gw saat ini senang N sangat terharu cs..seorg TEDY.msh ingat bener dgn situasi -+ 30 thn yg lalu..thank you sobat.

    • Rahayu Rachman Hehe..klw gak salah itu foto aku yg bikin ya pas terakhir plg pebruari kmrn..msh bnyk lg tu koleksinya d fb-ku

Comments