Masalah

Belajar tanpa refleksi adalah buang-buang waktu;
refleksi tanpa belajar adalah berbahaya.
Visi tanpa tindakan adalah lamunan. Tindakan tanpa visi adalah mimpi buruk


Masalah
Oleh: Setiadi R. Saleh, S.Sos.,
M
Karya Maula Mazin
anusia bertanya: kenapa aku diuji?  Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia buruk bagimu. Tuhan tau apa yang tidak engkau ketahui. Manusia bertanya lagi, kenapa aku tidak diuji dengan hal-hal yang  baik saja? Sebab, di dalam kenyataan, apa yang tampak bukan seperti kelihatannya. Engkau tidak benar-benar tau sesuatu yang baik sampai engkau selesai melewatinya.

Manusia bertanya lagi, kenapa aku diuji dengan ujian yang berat? Karena Semesta tidak akan membebani seseorang di luar kesanggupannya. Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

Jika seorang memiliki masalah artinya ia hidup.  Engkau ibarat sebutir telur yang akan menetaskan anak, lalu menjadi ternak. Engkau ibarat sebongkah biji yang akan menjadi hutan. Ketahuilah, dalam dirimu terdapat banyak keajaiban yang sebenarnya.  

Mulai hari ini, berkatalah dengan perkataan yang baik agar yang baik-baik juga terjadi padamu.  Jawaban lembut memalingkan murka, kata-kata pedih membangkitkan amarah.

Bersabar dan gigihlah![]

Comments