Kebenaran

Kebenaran lebih aneh dari fiksi.
Kebenaran hanya terdapat dalam kalimat makna
 bukan situasi keadaan.
Jalan kebenaran tak selamanya sunyi
ada perangkap menunggu mangsa.
Ketika uang berbicara, kebenaran tetap diam.
Sukses memiliki banyak ayah,
sedangkan kegagalan adalah yatim piatu.


Suatu Masa
Kebenaran
Oleh: Setiadi R. Saleh

S
eringkali cara terbaik menyampaikan informasi yang salah adalah dengan mengatakan kebenaran yang “ketat.” Waspadalah terhadap kebenaran yang setengah-setengah. Ketika kebenaran dibagi, kesalahan berkembang biak.

Kebenaran adalah kuat dan akan menang. Realitas cukup buruk. Mengapa engkau harus mengatakan yang sebenarnya? Bicara kebenaran, tetapi segera pergi setelahnya. Kebohongan yang paling kejam sering diceritakan dalam keheningan.
Kebenaran adalah satu-satunya hal yang berharga. Dan dalam kehidupan yang beradab, seperti kita, di mana begitu banyak risiko yang dihapus, menghadaplah kepada kebenaran sekalipun tersisa keberanian untuk melakukannya.

Manusia paling tidak berani berbicara kepada dirinya sendiri. Mengapa? Percayailah, kebenaran perlu sedikit latihan. Jika engkau mengatakan kebenaran, engkau tidak perlu mengingat apa pun. Kebenaran tidak takut pertanyaan.  Hanya ada dua cara untuk mengatakan kebenaran yang lengkap: anonim dan secara anumerta. Yang benar adalah lebih penting daripada fakta.  Buddha kata, “Tiga hal yang tidak bisa disembunyikan yakni  matahari, rembulan, dan kebenaran.”

Jika Anda tidak dapat menemukan kebenaran yang tepat di mana Anda berada, di mana lagi yang anda harapkan untuk menemukannya? Dan harapan adalah tabir alami untuk menyembunyikan keterbukaan kebenaran itu. Sebab, kebenaran bukan kebeneran yang kebetulan.[]

Comments