Kenangan


Semua orang perlu kenangan
 Hal yang lucu tentang kenangan, kita tidak ingat diri kita sendiri.
Kita adalah apa yang orang bilang.
Mereka proyektor keyakinan kita di masa lalu.
Kita hanyalah layar kosong yang tak henti-hentinya takut akan ketidakpastian.



Kenangan
Oleh: Setiadi R. Saleh
K
enangan sangat berharga untuk kehidupan manusia. Memberikan kita kesempatan untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa kita ada. Jika kita kehilangan kenangan, kita kehilangan masa depan.

Manusia yang hidup di sini dan sekarang, lebih dari sekedar kenangan masa lalu. Tahukah kamu? Kamu tidak memiliki memori tunggal tentang siapa dirimu? Baca kembali leluhurmu? Pikiranmu, hatimu, jiwamu atau engkau akan dirusak oleh kenangan.  Bahkan, imajinasi sekalipun bukanlah pembawa-obor untuk menerangi kenangan.

Kenangan masa lalu tetap di masa lalu, tetapi karena Anda membuat kenangan baru pada saat ini dan berjalan menuju masa depan, masa lalu masih sederhana, dan yang terbaik.        
Perbedaan antara kenangan palsu dan yang benar adalah sama seperti perhiasan. Yang palsu terlihat nyata dan  paling cemerlang.

Masa lalu tidak pernah mati, bahkan tidak masa lalunya sendiri. Ingat untuk tidak lupa, lupa untuk tidak ingat.  Sebuah memori yang kuat biasanya digabungkan dengan penghakiman lemah.
         
Engkau tidak pernah ingat hari, yang engkau ingat hanya saat-saat. Kekayaan hidup terletak dalam kenangan ketika kita melupakannya. Memori adalah hal yang rumit, yang relatif terhadap kebenaran. Anda dapat menutup mata terhadap realitas, tetapi tidak untuk kenangan. Sebuah perjalanan sampai di tujuan diharapkan. Berita baik diharapkan. Kelupaan diharapkan. Undangan diharapkan. Harapan diharapkan. Tetapi kenangan tidak diharapkan. Mereka hanya datang.[]


Comments