Seni Berpikir Negatif


Pikiran negatif melemahkan jiwa dan menyebabkan putus asa.
Mereka yang hatinya dipenuhi pikiran negatif menyuarakan kepahitan.
Kita semua hidup dalam ketegangan dari hari ke hari.
Engkau tidak dapat menolong dunia dengan berfokus pada hal-hal negatif.
Dan Tuhan tidak mau tahu apa yang kau pikirkan.
         
          
Seni Berpikir Negatif 
Oleh: Setiadi R. Saleh

M
engapa berpikir negatif tidak boleh? Jika berpikir tidak boleh, apakah berkata negatif boleh? Boleh! Sebab, tidak mungkin dirimu baik selalu dan jahat selalu. Engkau akan berada di antara baik dan buruk. Itu alami, itu warisan yang perlu engkau terima. Berpikir negatif mirip pesimisme, kecenderungan mengambil pandangan yang paling tidak menguntungkan situasi, mengharapkan hasil terburuk dalam keadaan apa pun, melihat sisi suram dan gelap atas semua hal.

Banyak orang sukses alergi dengan hal negatif, katanya akan menghambat sukses. Tetapi, kalau engkau waspada, engkau akan mendengarkan suara doa parau di dalam kabut. Semesta tidak membedakan baik-buruk yang engkau ucapkan. Katakan yang baik-baik, apakah engkau menjadi lebih baik atau yang baik-baik akan terjadi padamu? Katakan yang buruk-buruk apakah engkau menjadi semakin buruk? Engkau adalah pengembara yang senantiasa mengendus-endus  amal mencari rahmat Tuhan. Engkau berkata dalam nyanyian doa. Tuhan, aku hamba lemah, hina dan nista.
Tuhan, aku berlindung pada-Mu dari rasa sesak dada dan gelisah. Aku berlindung pada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung pada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Aku berlindung pada-Mu dari tekanan hutang dan penindasan orang. Tuhan, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa, lalai dan luput. Janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang terdahulu sebelum kami. Tuhan, jangan Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami panggul. Maafkan, ampuni kami, dan berkati kami.

Terus berjalan dan engkau akan tersandung pada sesuatu. Sikap positif tidak dapat menyelesaikan semua masalah. Seni berpikir negatif menjagamu untuk sadar dan setia kepada yang benar.[]

Comments