Memo Seruan Sanubari


OPERATOR LAMPU SOROT. Dua orang operator lampu sorot sedang menjalankan tugas saat acara RAN MLM ELKEN Internasional berlangsung di hotel Emerald, Medan, Minggu  (29/9/2013).

PENJUAL BAKSO BAKAR. Jajan anak sekolah saat ini umumnya bakso goreng, bakso kuah dan bakso bakar. “Beni Modus” seorang penjual bakso bakar di Medan, Sabtu, (6/4/2013) yang biasa mangkal di sekolah mengatakan, sehari dapat menjual kurang lebih 200 tusuk/hari.

ASEKSORIS. Gelang aseksoris model lama ini yang tren sekitar tahun 80-an sampai sekarang masih diminati anak-anak SD.

BUSANA MUSLIM. TK IKAL Medan, Sabtu, (13/4/2013) melaksanakan perlombaan busana muslim.

RAK BUKU. Berdasarkan penelitian yang meliputi survei di pelbagai belahan dunia. Anak-anak ternyata lebih menyukai buku konvensional (paper book) dibandingkan buku digital. Hal ini karena imajinasi anak lebih terasah manakala membaca buku. Sedangkan buku digital anak-anak “merasakan” menonton huruf teks, bukan membaca. Manjakan anak dengan memberikannya space rak buku untuk menyimpan buku dan bermain dengan buku-buku kesayangannya.   

SANITASI. Di sebuah Dusun Darussalam Kampung Tempel, Kec. Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Senin (23/9/2013) warga menggunakan sanitasi menggunakan air bercampur minyak mentah. Hal ini tidak ada masalah bagi warga setempat mengingat sudah puluhan tahun menggunakan air tersebut untuk MCK.

EKSPRESI. Maula Mazin 7th berfoto bersama kawan-kawan SD Bakti Luhur Medan, Rabu (28/8/2013). Masing-masing di antara mereka memiliki cita-cita seluas samudera, setinggi bintang di angkasa raya. Maula Mazin murid kelas 3 C (no 2 dari kanan) bercita-cita ingin berkeliling dunia membawa karya gambar, origami, dan clay.

PETUGAS PDAM. Seorang petugas PDAM sedang mencatat tagihan pembayaran rekening air di Jalan Gaperta Medan, Rabu (23/1/2013). PDAM Medan belum menerapkan sistem pembayaran rekening air secara online. Selain itu, PDAM sebaiknya memperhatikan keluhan publik seperti: air kotor, tidak mengalir, berbau, tarif PDAM dan mahalnya ongkos pemasangan baru.

RUKAN. Alih fungsi rumah tinggal menjadi rumah kantor (rukan) sudah menjadi tren tersendiri di Indonesia. Begitu pula dengan sekretariat Jangkar Istimewa Media Sumatera, media online www.seruansanubari.blogspot.com yang berada di Jalan Bakti Luhur No. 199 A, Lantai 2.

LILY SUHAERY. Patung Lily Suhaery yang terletak di pertigaan Jalan Listrik Medan, Kamis (15/8/2013), dibuat sekedarnya saja untuk mengenang jasa komposer besar yang telah banyak menciptakan ratusan lagu-lagu perjuangan. Koleksinya sudah pernah diperdengarkan di hadapan PJM Presiden RI pertama Soekarno. Lagu-lagu Lily Suhaery diputar juga di RRI dan Alnora.

HU WASPADA. Surat kabar Harian Umum WASPADA di kota Medan dan Sumatera Utara pada umumnya termasuk yang paling bersejarah lantaran sudah melewati fase orde lama, orde baru, orde reformasi. Kantor HU WASPADA berlantai 4. Saat ini HU WASPADA dapat dibaca secara online.

WAJAN. Satu di antara kuliner khas Kota Medan adalah Mie Balap. Kelezatan dan harum kuah cabe rawit mie balap yang dimasak di atas anglo (dapur kecil) menggunakan kayu arang yang membara adalah ciri khas mie balap. Wajan yang digunakan pun bukan wajan biasa melainkan wajan tempahan.

PERINGATAN. Maraknya pencurian “kereta” (sepeda motor) di sejumlah tempat termasuk di rumah ibadah membuat petugas Masjid Tembung Medan, Jumat, (27/9/2013) memasang papan peringatan agar waspada terhadap maling “kereta” yang belum tertangkap.

LILIN. Seorang anak bermain dengan cahaya lilin. Puluhan tahun warga Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya, termasuk wilayah Aceh harus merasakan derita sehari terjadi tiga kali pemadaman listrik. Tidak ada upaya yang konkret dan signifikan dari pemerintah kota Medan dan Gubernur Sumatera Utara untuk mengatasi krisis listrik.

PLANG. Sebuah plang nama jalan Hindu Medan, Jumat (22/3/2013). Jalan Hindu merupakan jalan yang bersejarah. Sayangnya, jalan ini tidak lagi dianggap sebagai jalan bersejarah.

KANTOR POS. Setiap harinya kantor pos bersejarah yang terletak di Jalan Ahmad Yani Medan, Jumat, (22/3/2013) ini masih ramai dikunjungi orang untuk mengirimkan surat, paket barang serta melakukan pembayaran rekening loan dan cicilan. Di depan kantor pos pengunjung dapat menemukan penjual uang kuno, barang antik dan filateli.

WARNET BANGKRUT. Sebuah warnet di Jalan Setia Luhur Medan, Selasa, (7/5/2013), memiliki 20 unit komputer, buka 24 jam terpaksa tutup akibatnya listrik padam 3 kali sehari. Pemilik warnet mengaku menggunakan jetset sangat merugikan. Selain itu, murahnya harga smartphones dan modem membuat masyarakat tidak lagi menggandrungi warnet sebagai tempat browsing informasi, surfing, chatting, dan games online.

BUS ANUGERAH. Sebuah bus sedang rehat sejenak di sebuah makan sekitar Simpang Komodor, Langsa, Aceh Timur, Sabtu, (21/9/2013). Umumnya siang hari tidak banyak bus yang beroperasi dari Medan-Banda Aceh atau arah sebaliknya.  

SEPEDA MOTOR. Setiap hari volume kendaraan di Kota Medan terutama roda dua terus bertambah. Perlu upaya serius dari pemerintah kota untuk membangun basis transportasi umum agar lalu-lintas di jalan raya berlangsung tertib dan lancar.

PANGKAS ANAK. Tukang pangkas sedang memangkas seorang anak di Jalan Setia Luhur Medan, Kamis, (7/2/2013). Tidak mudah memangkas anak-anak yang umumnya selalu ingin bergerak tidak dapat tenang (lasak). Tarif pangkas anak berkisar 7000 rupiah.
CUCI TANGAN. Tempat cuci tangan sebelum kebaktian di lantai 2, Gereja Suci Graha Maria Velangkanni.

EMPLOYEE SAFETY. Buku pegangan keselamatan kerja bagi pegawai Asamera Oil (Ind) Ltd. Asamera Oil merupakan perusahaan ternama di Rantau Panjang Peureulak Aceh Timur dengan jumlah karyawan mencapai 6000 orang. Sekitar tahun 2000 semasa konflik RI-GAM, Asamera Oil tutup dan tidak beroperasi lagi.

PERSIMPANGAN. Simpang Kampung Lalang menjadi sentra pertemuan pelbagai jurusan kendaraan. Setiap harinya persimpangan ini tidak pernah sepi. Pengendara dapat mengambil jalur alternatif via Kelambir dan Tani Asri untuk arah dari Medan menuju Binjai dan Stabat atau sebaliknya.


GOOGLE ANAK. Seorang anak sedang asyik menggunakan program Google Earth. Program ini sangat membantu anak-anak mengenali peta geografis bumi, nama jalan, nama gedung-gedung dan tempat penting serta nama pulau-pulau dan benua.

KOMBATAN. Bertemu kombatan GAM dari generasi 60-an. Menghabiskan hidup lebih banyak di hutan dengan senjata. Sempat lari ke Malaysia dan Thailand. Semenjak RI-GAM melaksanakan kesepakatan damai. GAM berubah menjadi Partai Aceh dan tidak serta-merta menyelesaikan persoalan di tubuh internal organisasi tersebut. Bibit GAM muda yang memegang senjata masih eksis dan secara komando tidak berhubungan satu sama lain (Sagoe).

PAPAN TANDA. Sebuah papan tanda berisi pengumuman agar jangan mengganggu hewan yang berada di kolam bangau sekitar Vihara Maitreya Komplek Cemara Asri Medan, Kamis, (13/6/2013). Umat Buddha adalah penganut vegetari, makan dari tumbuh-tumbuhan, tidak mengonsumsi yang berdarah, dan tidak membunuh makhluk hidup. Dengan demikian pencerahan Buddha tercapai dan jiwa akan dapat melihat kebenaran dengan jernih.   

SALES. Seorang sales sedang menawarkan produk kesehatan buatan Amerika yang khusus mengobati diabetes dan gangguan pernafasan. Sales menawarkan produk kesehatan saat jam rehat kepada staf Dinas Perhubungan di sebuah kedai sekitar Terminal Pinang Baris Medan, Rabu, (3/4/2013).  

ROKOK  TRIPING. Pemandangan lazim dalam angkutan kota Medan yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Penumpang merokok tidak menghormati penumpang lain. Supir memasang musik triping-remix-dangdut dengan suara keras di dalam angkot nomor 65 jurusan Tembung-Pinang Baris Jumat, (27/9/2013).

KEDAI BERJALAN. Sebuah “kedai berjalan” sedang diparkir menjual segala jenis kebutuhan seperti rokok, sabun, minuman, pasta gigi, pulsa, minuman kopi, teh, susu, dan air mineral. Kedai berjalan ini di Medan, Senin (21/1/2013)  dapat dengan mudah kita temukan di mana-mana.

HIJAB. Seseorang sedang menutup hijab-tirai antara jamaah shalat laki-laki dan perempuan. Hijab atau dinding yang membatasi ini bukan dimaksudkan sebagai “penghalang hati” menuju Ilahi melainkan untuk memberi ruang agar masing-masing muhrim paham dengan maqamnya (kedudukan) masing-masing.

TRUK TANAH TIMBUN. Sebuah truk pengangkut tanah timbun berhenti menunggu giliran menurunkan tanah menimbun sawan di Jalan Bakti Luhur dan Amal Luhur, Jumat, (10/5/2013). Satu bak truk isi penuh tanah timbun dihargakan Rp. 400.000. Umumnya tanah timbun berasal dari Binjai dan Aceh.

BPS STATISTIK. Pembangunan kantor BPS Statistik Jalan Asrama, Medan, Jumat, (21/10/2011) terus dipercepat. Diharapkan dapat selesai dan dipergunakan tahun depan 2012.

HOLY WATER. Di bawah kaki patung malaikat kecil ini mengalir holy water (air suci) yang berasal dari Gereja Katolik Graha Maria Velangkanni, Medan, Kamis, (25/4/2013). Air suci tersebut dipercaya berasal dari air mata Bunda Maria yang dapat membawa penyembuhan.  

NOTIFIKASI. Papan pemberitahuan standar keamanan dan keselamatan pekerja proyek di sekitar Kampung Madras Medan, Jumat (22/3/2013). Isi peringatan antara lain: tidak boleh merokok, buang sampah sembarangan, penggunaan sepatu kerja, tali pengaman.  

INISIASI HEWANI. Seekor anak kambing sedang menyusu kepada induknya. Kambing dalam foto ini diambil di Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Senin, (23/9/2013). Kambing ini biasanya mengonsumsi rumput, pelepah sawit muda, daun korek api dan makanan yang dimakan manusia pada umumnya.

SEKOLAH. Kidung Asmaraloka 3th sedang bersiap menuju ke sekolah. Ia sudah mengenal huruf A-Z, berhitung dalam Bahasa Inggris 1-10, internet, laptop.
NON SUBSIDI. Sebuah truk pengangkut minyak tanah non subsidi sedang melintas di Jalan Asrama Medan, Minggu, (21/4/2013). Meski program konversi dari mitan (minyak tanah) ke bahan bakar gas sudah berlangsung 4 tahun. Faktanya di Medan masih ada yang menggunakan “minyak lampu” (mitan).

BAYAR CICILAN. Sejumlah orang membayar cicilan ADIRA Kredit di kantor pos. Sejak kantor pos membuka sistem terpadu untuk semua jenis pembayaran termasuk pengiriman uang cepat (wesel pos online). Banyak orang kembali menggunakan jasa layanan pos.

TANGKI. Sebuah truk pengangkut tangki penampungan olahan buah kelapa sawit. Umumnya tangki ini digunakan di PKS (pabrik kelapa sawit). Di Pulau Sumatera terdapat banyak sekali pabrik kelapa sawit mulai dari Aceh, Medan, dan Riau.

MUSIK MULUT. Seorang seniman beatbox (musik mulut) sedang memeragakan kemampuannya bersenandung lagu berbahasa Mandarin di Vihara Gunung Timur, Jalan Hang Tuah, Medan, Sabtu, (8/6/2013). Kakek berusia lanjut ini memiliki stok rokok yang banyak sekali dalam gulungan baju kemejanya. Ia tidak peduli dengan orang yang keluar-masuk vihara. Baik untuk beribadah maupun berderma  dan berdana.

GALIAN PARIT. Mandor mengawasi pekerja galian parit di depan SD YASPID Jalan Bakti Luhur Medan, Kamis, (18/4/2013). Akibat galian parit yang belum selesai. Civitas akademik terdiri dari murid, staf sampai guru terpaksa menggunakan sebilah papan untuk “menyeberang.” Kondisi ini memprihatinkan sekali mengingat apabila jam pulang sekolah murid-murid SD berdesakan keluar gerbang sekolah.

HARAPAN. Maula Mazin SD Bakti Luhur Medan, Selasa, (20/8/2013) berfoto di belakang gambar latar Indonesia-Korea. Beberapa waktu lalu, perwakilan Korea datang ke SD Bakti Luhur untuk memberikan “HOPE EDUCATION,” harapan dan semangat baru bagi pendidikan di Indonesia.
ILUSTRASI. Karya ilustrasi “Ayo membaca buku” menyimbolkan betapa buku sangat penting. Indonesia banyak membutuhkan buku.
PENJUAL MAINAN. Seorang pedagang mainan murah, buatan negeri tirai bambu (Cina) berjualan di depan SD Bakti Luhur Medan, Kamis, (4/4/2013). Harga mainan berkisar mulai Rp. 1000-Rp. 15.000 dan cenderung cepat patah dan rusak.
SHALAT DIGENDONG. Seorang anak ikut “menumpang” di punggung orangtuanya yang sedang shalat. Anak-anak selalu ingin bermain di manapun mereka berada.

TELUR RAKSASA. Pengunjung festival Melayu Agung di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu, (7/7/012) sedang melihat dan mengabadikan telur raksasa hasil kreasi seni yang pada bagian kulit luarnya terdapat teka-teki sebuah gambar. Bagi yang dapat melihat gambar berdimensi ini akan memenang doorprize dari panitia.

TEMBOK PEMISAH.Satu-satunya lahan sawah produktif yang berada di Jalan Amal Luhur Medan, Minggu, (26/5/2013). Di sebelah tembok pemisah akan dibangun sebuah properti mewah. Pemilik sawah enggan menjual sawah karena alasan kemanusiaan. Sawah ini dijaga oleh Kakek Kabit 75th.

PETA MIGRASI. Ilustrasi migrasi hewan-hewan di dunia karya Maula Mazin ini menggambarkan bahwa hewan-hewan pun selaiknya manusia. Berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain mencari keseimbangan dan penghidupan.

MANDI HUJAN. Pendapat yang menyebutkan, mandi hujan menyebabkan jatuh sakit tidak sepenuhnya benar. Boleh jadi penelitian ini hanya mengambil sampel dari Pulau Jawa (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogya, Surabaya) yang memang tingkat polusi udaranya sudah tinggi. Sementara di Sumatera Utara khususnya Medan tingkat polusinya rendah. Pohon-pohon masih dapat ditemui. Dan setiap turun hujan, anak-anak langsung berhamburan ke luar rumah menikmati hujan. Berlari bertelanjang kaki dan tertawa riang gembira.

LATIHAN. Sejak kecil anak sebaiknya dilatih untuk shalat, bukan disuruh shalat dengan perintah mulut. Sehingga kelak mereka merasa shalat adalah sesuatu yang lahir dari seruan sanubari, bukan hasil paksaan apalagi keterpaksaan.

TANGKAP BELALANG. Seorang anak sedang menangkap belalang untuk kemudian dilepaskan kembali. Ia menangkap belalang didasari rasa ingin tau aneka ragam belalang yang hidup di habitatnya. Belalang coklat bertubuh kecil kakinya lebih kuat. Sementara belalang hijau berkaki panjang, kakinya rapuh dan mudah putus.

DULU BECAK MEDAN. Dahulu becak motor Medan dibiarkan terbuka antara bagian depan dan belakang. Kini memakai plastik/terpal penutup penahan angin. Dahulu becak motor Medan menggunakan sepeda motor Harley Davidson, BSA, DKW. Kini Honda, Suzuki, TVS, dan sepeda motor keluaran terbaru.

JURI KUNCI. Berdasarkan keterangan Abdul Hadi, Selasa, (18/6/2013) satu di antara juri kunci Masjid Osmani di Labuhan Deli mengatakan, “Bagian belakang masjid adalah penambahan. Sedangkan bagian depan adalah masih asli berukuran simetris 16 meter x 16 meter dengan kubah hitam berbahan tembaga.”

PORTAL. Pintu masuk utama ke Lapangan Merdeka Medan, Jumat, (22/3/2013) langsung menghadap ke bangunan yang luas terbuka (pendopo). Setiap hari, setiap minggu tempat ini ramai dengan event-event, acara, bazzar dari berbagai organizer dan komunitas yang ada di Kota Medan.

BENGKEL. Waji adalah seorang warga keturunan India Tamil yang lahir di Medan. Ia sehari-hari berbahasa Indonesia dan tinggal di Jalan Setia Luhur Medan, Selasa (11/3/2013). Saat ini Waji bersama orangtuanya membuka usaha service sepeda motor, bensin eceran, dan Laksman warnet.

REMOVE. Lepaskan alas kaki saat memasuki ruang ibadah di Gereja Katolik Graha Maria Velangkanni Medan, Kamis, (25/4/2013). Peziarah sebaiknya berpakaian sopan sebab sedang berada dalam rumah ibadah bukan di tempat wisata biasa.

REBUSAN KEDELAI. Kacang kedelai yang selesai direbus dimasukkan ke dalam drum penampungan untuk kemudian diproses sebagai bahan baku utama pembuatan tempe. Tempe adalah makanan pokok orang Indonesia. Namun, sampai sekarang persoalan tempe belum menemukan titik terang.

MONYET. Seseorang sedang bercanda bersama hewan peliharaannya monyet. Karena sudah lama beradaptasi dengan manusia. Makanan monyet pun tak selalu pisang melainkan nasi-nasi sisa.

PERCETAKAN. Di tengah arus percepatan era paperless (tanpa kertas). Sebuah percetakan di Jalan Setia Luhur Medan, Kamis, (24/1/2013) tetap beroperasi menerima order cetakan.

PARIT SUNGAI. Rendahnya kesadaran warga bantaran sungai dengan masih membuang sampah sembarangan membuat parit sungai mengalami pendangkalan. Hal ini bisa dicarikan solusinya dengan cara mengolah sampah organik dan non-organik.

PENCARI BURUNG. Tarsiman warga Jalan Setia Luhur Medan adalah seorang pencari burung hingga ke hutan Gunung Sembuang, pedalaman Aceh Timur. Di hutan ini ia berpapasan dengan gajah.

VIEW. Pemandangan dari atas jembatan penyebrangan kantor pos Medan, Jumat (22/3/2013). Sebagian masyarakat jarang sekali memanfaatkan jembatan penyebrangan ini untuk menyebrang dan memilih menyebrang langsung menunggu lalu-lintas sepi.

MANDI BOLA. Tempat bermain favorit bagi anak-anak di Millenium Plaza Kapten Muslim Medan, Minggu, (4/3/2012) adalah kolam “mandi bola” yang di atasnya ada seluncur dan perosotan. Selain itu, tersedia pula sarana bermain kereta api, video game virtual, timezone.


DILARANG MEROKOK. Himbauan dilarang merokok yang ditempel seorang warga di dinding rumahnya di Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Selasa, (22/9/2013). Saat Seruan Sanubari meninggalkan lokasi, tempat atau tepatnya jalan umum ini sudah mulai dibor untuk mencari minyak.

EWIN TUNAWICARA. Sehari-hari Ewin 32th berkebutuhan khusus yang dapat mendengar tetapi tidak bisa berbicara ini membantu jualan es kelapa muda di Jalan Asrama, Medan, (17/6/2012).


JARING PADI. Menjaga burung dengan menggunakan kaleng yang diisi kerikil dan orang-orangan sawah sangat melelahkan dan merepotkan. Penggunaan jaring padi dinilai lebih efektif untuk menjaga padi yang mulai menguning dan siap panen. Biasanya burung kepala putih datang bergerombol memakan butiran padi.

CIBADUYUT. Usai shalat, jamaah sebuah masjid di Medan memperhatikan pedagang sendal dan sepatu khas buatan Cibaduyut Bandung. Pedagang menawarkan produk dengan jaminan sepatu bukan terbuat dari karet melainkan kulit asli, dibakar tidak mengerut, ditekuk-lipat tidak pecah-pecah. Rata-rata dijual dengan kisaran harga 150.000 sampai 200.000.

KOLONG. Sebuah rumah di Kampung Tempel Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Sabtu, (2/3/2013). Menurut warga sekitar, kolong rumah tersebut semasa konflik RI-GAM digunakan sebagai tempat bersembunyi TNI untuk memantau aktivitas GAM. Kini di sekitaran rumah terdapat sejumlah titik pengeboran potensial. Di Rantau Panjang Peureulak, rumah ini beserta tanah yang masih menghasilkan buah sawit produktif dijual seharga Rp. 150 juta.

SANGKAR. Tingginya tingkat pencurian selop/sepatu/sendal membuat badan kenaziran sebuah masjid di Kota Medan, Minggu (13/4/2013) membuat “sangkar” untuk mengurung alas kaki agar tidak “melayang” kepada oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab.

MOBIL PEMBERSIH. Kendaraan operasional Yayasan Haji Anif (YHA) yang setiap Jumat berkeliling membersihkan masjid-masjid di Kota Medan secara gratis. Di dalam mobil ini dilengkapi dengan alat pembersih seperti vacuum cleaner, sapu, pel, pewangi.

BENGKEL SEPEDA. Pak Wek sedang membetulkan sebuah sepeda yang rusak. Sepeda buatan negara Tirai Bambu menurut Pak Wek mudah peyot dan cepat rusak. Berbeda dengan buatan Belanda atau Jerman. Pak Wek sudah lebih dari dua puluh tahun berprofesi sebagai montir sepeda.

AIR PROYEK. Buangan air pembangunan sebuah proyek gedung di Jalan Diponegoro Medan, Jumat, (22/3/2013). Dampak nyata akibat pembangunan gedung-gedung tinggi adalah merosotnya air tanah.
TANJUNG ANOM. Tempat pemberhentian angkot Tanjung Anom. Kawasan Tanjung Anom saat ini sudah ramai karena menjadi jalan lintas penghubung ke Berastagi, Sembahe, Binjai, Diski, Kampung Lalang, Tanjung Sari Setia Budhi. Di Tanjung Anom ini pulalah terdapat sentra buah pepaya, sayuran, dan Jambu Taiwan.

PENJUAL BUKU. Relokasi yang direncanakan oleh Pemerintah Kota tampaknya belum menunjukkan progresivitas yang berarti. Penjual buku di Lapangan Merdeka Medan, Jumat, (22/3/2013) masih tetap berjualan. Lapangan Merdeka tempat ideal bagi penjual, pembeli, dan pembaca buku. Tempatnya teduh, sejuk dan rimbun. Berbeda dari tempat yang baru bagi pedagang buku berhadapan langsung dengan jalan raya, tidak nyaman.   

BENSIN ECERAN. Seorang penjual bensin eceran sedang melayani pembeli di Jalan Bridjen Katamso Medan, Selasa, (22/11/2011). Di Kota Medan banyak sekali penjual bensin eceran yang mengambil keuntungan dengan selisih Rp. 500-Rp. 1000 perliternya. Bensin yang dibeli adalah murni dari SPBU, bukan bensin oplosan sebagaimana banyak dilakukan oknum-oknum di Pulau Jawa khususnya Jakarta.

BECAK BARANG. Seorang anak SD sedang berlari ke arah becak barang untuk mendapatkan tumpangan selepas pulang sekolah di SD Amal Luhur Medan, Selasa, (19/2/2013).

OPERATOR TRUK MELON. Seorang operator truk pengaduk semen atau biasa disebut truk molen di Jalan Bakti Luhur Medan, Minggu, (27/1/2013) sedang mengawasi dan mengatur tuas agar semen keluar dari tangki penggilingan. Sekali angkut truk molen dapat mengangkat sekitar 5 ton semen.

MENYIRAM ASPAL. Sebuah kendaraan dengan drum yang sudah dimodifikasi menyirami aspal agar tidak berdebu di Jalan Amal Luhur Medan, Jumat, (10/5/2013). Aspal berdebu akibat dari keluar masuk kendaraan berat terutama truk pengangkut tanah timbun. Padahal di pintu masuk Jalan Amal Luhur tertera plang resmi dari Pemkot bahwa truk dilarang masuk.

GEDUNG TIPIKOR. Gedung pengadilan tindak pidana korupsi (TIPIKOR) yang beralamat di Jalan Pengadilan No. 8 mestinya menjadi pemberhentian terakhir bagi para koruptor agar takut terhadap hukum.
ODONG-ODONG. Mobil gandeng (bersambung) yang sudah dimodifikasi menjadi odong-odong sedang melintas di Jalan Setia Luhur Medan, Selasa, (19/2/2013). Sekali angkut bisa menampung hingga 30 orang. Tarif 1 orang 3000 rupiah untuk sekali putaran.

CANDA. Dua anak SD Bakti Luhur Medan, Jumat, (22/3/2013) sedang bercanda. Bermain membuat anak-anak tidak stres dengan banyaknya pelajaran yang harus dipelajari di sekolah.
DOLAR MALAYA. 1 dolar Malaya

STASIUN BESAR. Stasiun besar Kota Medan sedang

PENGGALI PARIT. Lubang panjang di tanah tempat aliran air (selokan) sedang digali. Pekerja bergegas mengejar target membuat parit sedalam 135 cm. Parit ini dibuat agar di musim penghujan Jalan Bakti Luhur tidak lagi tergenang.
SENDAL.

DRUM MINYAK. Warga Dusun Darussalam, Kampung Tempel, Rantau Panjang Peureulak Kab. Aceh Timur, Selasa, (22/9/2013) meletakkan drum kaleng ukuran sekisar 200 liter untuk menampung minyak mentah. Warga Rantau Panjang Peureulak saat ini melakukan pengeboran secara sporadis. Mulai di jalan umum, di ladang orang sampai di lahan sendiri yang diyakini mengandung minyak.

MLM ELKEN INTERNASIONAL. Ribuan anggota Multi Level Marketing PT. Elken Internasional menghadari acara RAN (Regional Award Nite) di Hotel Emerald, Medan, Minggu  (29/9/2013). Harga tiket masuk Rp. 25.000 gratis suplemen kesehatan seharga Rp. 164.500. Acara ini diisi pula oleh MCCM Wan Abdillah dari Malaysia dan CCM Medan Christina Dewi Kurniati.

AIR ISI ULANG. Usaha air minum isi ulang RO terus tumbuh di Jalan Setia Luhur  Medan, (18/1/2013). Harga pergalon isi 19 liter dijual bervariasi mulai dari Rp. 3.500 sampai Rp. 5.000. Sistem pemesanan bisa langsung ambil sendiri dan diantar ke tempat pemesan.

JEMPUT BOLA.  Seorang anak sedang mengambil bola yang terjatuh di kolam rawa Jalan Setia Luhur Medan, Kamis (9/2/2012). Kolam ini biasanya dipakai pula sebagai rendaman rotan agar lentur.

KOLAM MASJID RAYA. Anak-anak bermain di kolam keruh Masjid Raya Medan, Rabu, (24/7/2013). Kotornya kolam tidak menghalangi anak-anak untuk tertawa ceria. Kebersihan pekarangan sekisar Masjid Raya Al-Maksun tidak luput dari sampah. Hal ini memalukan mengingat masjid ini adalah ikon Kota Medan.

BUNDA. Tidak ada yang tau pasti siapa nama asli nenek ini. Orang-orang setempat memanggilnya dengan sebutan “Bunda.” Di kediamannya Kampung Tempel, Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Kamis, (24/9/2013). Bunda sedang beristirahat setelah “mengusuk” anak balita. Sejak tahun 1970-an warga Rantau Panjang Peureulak mulai dari Dusun Darussalam, Buket Pala, Benteng, Alur Udep, Seumali, Alur Bate, Alur Dua dan sekitarnya sudah mengenal Bunda sebagai “tukang kusuk” bayi.

TRUK TINJA. Sedot wc saat ini berkisar antara 500-600 ribu rupiah. Sebaiknya tidak menggunakan soda api dan air panas untuk mengatasi wc mampet. Sebab, soda api dan air panas dapat merusak pipa pvc tempat dudukan wc.

SIDIK KAKI. Tanda pengenal bayi baru lahir menggunakan sidik telapak kaki. Hal ini untuk memudahkan pihak rumah sakit dalam menandai dan mengenali bayi-bayi yang baru lahir. Sebab, umumnya wajah bayi yang baru lahir semuanya mirip. Kertas sidik kaki ini kemudian ditandatangani oleh orangtua sang bayi dan bidan yang menanganinya.

GEDUNG BKS BPS (AVROS). Sampai pertengahan 1930-an. Gedung AVROS dipakai untuk membayar upah imigran dan buruh kontrak perkebunan karet dan tembakau. AVROS bukan tunggal milik perusahaan Belanda melainkan terdiri dari Amerika, Inggris, Jerman, Belgia, dan Perancis. Di dalam gedung AVROS dulunya terdapat perusahaan JIB [Java Immigranten Bureau], ADEK [Algemeen Delisch Emigratie Kantoor], dan VEDA [Vrije Emigratie Van DPV en AVROS].



“KEPALA TAMAN” Saat peziarah rohani memasuki Gereja Velangkanni ada satu tempat kecil yang diaspal hitam berbentuk bulat dan diberi tulisan “dilarang duduk di taman.” Dari bawah memang biasa saja, namun kalau dilihat dari atas tempat ini merupakan gambaran kepala manusia yang sedang bersujud langsung di haribaan Bunda Maria. Taman tidak boleh diduduki, maksudnya secara tidak langsung kalau kita duduk di taman, berarti sedang duduk/berdiri di kepala orang.

DRAG RACE. Anak-anak remaja tanggung di Kota Medan sekarang “demam” sepeda drag race. Model sepeda drag race ini stang dipotong pendek, kemudian bagian belakang diberi shock breaker dobel, lalu diberi cagak. Stang yang dipotong, mereka menyebutnya dengan “jantung bolong.”

GOLBES ANAK. Sekumpulan anak-anak sedang mencari paku, besi, pasir-pasir magnet di tempat buangan sampah Jalan Bakti Luhur Medan, Sabtu, (4/5/2013). Biasanya mereka bergerombol membawa karung, memungut benda apa saja yang sudah dianggap terbuang dan dibuang. Meski prihatin melihat anak-anak harus berjuang dengan hidup. Namun, sebagian dari mereka memiliki perilaku menyimpang mencuri apa saja yang bisa dibawa. Itu sebabnya dijuluki “golbes” yang artinya golek (cari) besi, gondol (bawa) besi.

MEDIA-MEDIA.

ULAMA ACEH. Deretan gambar ulama Aceh yang termahsyur mulai dari Syaikh Di Tiro sampai Syaikh Abdul Rauf. Ulama Aceh adalah ulama yang mendunia.

DOKTER UGD. Seorang dokter UGD Sari Mutiara Medan, Rabu, (24/4/2013) sedang menulis resep untuk pasien.

KENDARAAN OPERASIONAL. Sederetan sepeda motor kendaraan operasional Pos sedang diparkir. Jasa kiriman via pos kini kurang populer. Kalah saing dengan ekspedisi lain seperti: JNE, TIKI, ESL, Pandu Siwi, Dakota, Cargo. Selain itu, setiap perusahaan kini memiliki jasa delivery sendiri dengan sistem bayar di tempat begitu barang sampai (COD).

  
PANJAT PAGAR. Seorang anak sedang memanjat pagar untuk masuk ke dalam Masjid Raya Al-Maksun Medan, Rabu, (24/7/2013). Di Masjid Raya ini banyak sekali ditemukan anak-anak mengais rezeki dari menyemir/menjaga sepatu/selop/sandal jamaah masjid yang datang. Tidak sedikit pula yang menjadi pengemis dan mengharapkan belas kasih dari para peziarah.

TOKO MAINAN ANAK. Sebuah toko khusus menjual produk mainan anak buatan Cina yang berada di Jalan Kapten Muslim Sei Sekambing Medan, Selasa, (8/1/2013). Produk Cina diminati karena murah dan bentuknya aneka rupa.

MANGGA MUDA. Sejumlah ibu-ibu sedang menunggu menjemput anak pulang sekolah di SD Bakti Luhur Medan, Kamis, (11/10/2012).

PELAJAR MENARIK MINYAK. Wahyu, seorang pelajar di hari libur lebih memilih menarik minyak mentah hasil pengeboran di Kampung Tempel, Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Minggu, (22/9/2013). Upah menarik minyak kemudian mengisinya ke drum kapasitas 200 liter sebesar Rp. 100.000.        
   

ORIGAMI. Ketua komunitas “Armi Origami” Maula Mazin 7th sedang mendemonstrasikan seni melipat kertas di hadapan guru dan teman-teman sekelas SD Bakti Luhur Medan, Kamis, (17/9/2013). Berdasarkan penelitian, origami bermanfaat sebagai seni penyembuhan bagi anak-anak hiperaktif. Master origami dunia saat ini masih dipegang oleh Robert J. Lang dan Jo Nakashima.  
TRUK RASKIN. Sebuah truk “beras miskin-raskin” sedang parkir bersiap menurunkan muatan di depan Kantor Lurah Dwikora Jalan Setia Luhur Medan, Selasa, (2/7/2013).
KOLANG-KALING. Sekalipun bukan Bulan Ramadhan, Minggu, (21/4/2013), masyarakat terutama ibu-ibu sangat menyukai kolang-kaling yang dapat diolah menjadi panganan seperti kolak, manisan, dan campuran sirup. Kolang-kaling pada bulan-bulan biasa dijual Rp. 5000/kilo sedangkan pada saat puasa melonjak sampai Rp. 8000/kilo.

PENERBIT BUKU. Lesunya pertumbuhan penerbit buku, rendahnya minat baca, dan lemahnya daya beli  masyarakat terhadap buku membuat distributor penerbit Bumi Aksara Medan yang terletak di Jalan Letter Press tutup,  Sabtu, (14/12/2012).


WIRAUSAHA. Sempitnya lapangan pekerjaan di sektor formal membuat Hendra Black, membuka usaha sendiri bengkel sepeda motor, cuci helm, doorsmeer, ganti oli, dan service "kereta" di Jalan Bakti Luhur, Medan, Rabu (4/9/2013).

GEROBAK. Sebuah gerobak milik pedagang mie balap yang sudah bersiap sejak jam 6 pagi di Jalan Merak, Medan, Selasa, (15/09/2013). Wirausaha ini menjamur dan tumbuh pesat karena mie balap sangat digemari dan termasuk ke dalam satu di antara sekian banyak kuliner pagi khas Kota Medan.


BERGURAU. Dalam perjalanan menggunakan sudako dari terminal Peureulak menuju Rantau Panjang Kab. Aceh Timur, Sabtu, (21/9/2013). H. Mulyadi, SE., MM, 70th, sedang bergurau dan berbicara dalam Bahasa Inggris dengan seorang siswi kelas 10, sekolah internasional Langsa.



AYAM PUNK. Sejumlah anak SD melihat "ayam punk" yang dijual di depan SD Bakti Luhur, Medan, Jumat (27/9/2013).  Anak ayam yang dicat berwarna-warni ini sangat menarik perhatian dan umumnya tidak dapat bertahan hidup lama.

CEROBONG. Pipa untuk menyalurkan asap ke luar dari mesin genset-generator digunakan sebuah hotel di Medan, Minggu, (29/9/2013). PLN kritis, dalam sehari saat ini setiap hari terjadi tiga kali pemadaman mulai dari pagi, siang, malam.  


TERJEBAK HUJAN. Usai menghadiri acara RAN (Regional Award Nite) di Hotel Emerald, Medan, Minggu  (29/9/2013). Peserta MLM ELKEN terjebak hujan dan menunggu hujan angin reda untuk kemudian melanjutkan perjalanan pulang. Acara RAN berlangsung dari pukul 13.00-17.55.

TERSEREMPET. Minimnya jarak pandang akibat hujan deras disertai angin kencang membuat seorang pengendara sepeda motor terserempet mobil dan jatuh di depan SPBU Yos Sudarso, Medan, Minggu  (29/9/2013). Pengemudi berjalan kembali ke arah motor yang dikendarainya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

KALIGRAFI MASJID. Hiasan kaligrafi Masjid Mursanif yang berada di perumahan mewah Cemara Asri, Medan, Minggu (8/9/2013). Selain memiliki kaligrafi yang indah, Masjid Mursanif menerapakan sistem standar toilet bersih, mulai dari tempat berwudhu thaharah (bersuci) sampai dengan wc.

PRAMUKA. Murid kelas 3 SD Bakti Luhur Medan, Sabtu, (7/9/2013) berfoto bersama. Kegiatan Pramuka (Praja Muda Karana) bertujuan mendidik para anggotanya dengan berbagai keterampilan, disiplin, percaya diri sendiri, saling menolong,dan berbudi luhur.

MUSIM HUJAN. Jalan Yos Sudarso, Medan, Minggu, (29/9/2013) sore hari dilanda hujan deras disertai angin kencang. Saat ini, terdapat dua permasalahan serius yang belum ada solusi konkret bagi Kota Medan, ancaman banjir dan pemadaman listrik yang terjadi setiap hari, "PLN kritis."

PENJAGA PINTU. Jamaluddin atau akrab disapa Andi adalah seorang penjaga pintu yang memiliki peran penting untuk menjaga arus keluar-masuk kendaraan di Pemandian Alam Bitra Sembahe Sumut, Minggu, (8/9/2013). Setiap pengunjung dikenakan tarif Rp. 5.000. Pemandian ini dikelola oleh sebuah yayasan. Di Sembahe terdapat sejumlah tempat pemandian: Kuala Deli Bertani, Karomah, Sosa, Hikmah, Tirta. Terdapat pula tempat penginapan dengan harga terjangkau.  Pengunjung bisa juga menikmati kebun coklat, pinang, petai, langsat, rambe, durian, dan mergat.

MAKAN KERUPUK. Sejumlah karyawan sebuah perusahaan kredit barang elektronik dan furnitur bersama tim manajemen mengadakan lomba makan kerupuk dan "lucky draw" di pemandian Bina Mitra Sumut, Minggu (8/9/2013). Acara ini digelar untuk menjalin kekompakan antar karyawan.

KENDARAAN APUNG. Seorang anak sedang asyik menyusuri arus sungai dengan kendaraan apung berupa "ban rakit" di lokasi pemandian Alam Bitra Sumut, Minggu, (8/9/2013). Harga sewa ban Rp. 5.000 dipergunakan sampai puas. Meski sungai di Sembahe berarus tenang. Sebaiknya berhati-hati terhadap batu yang dapat menimbulan benturan dan cedera.

REMAJA. Pemandian Alam Bitra Sembahe Sumut, Minggu, (8/9/2013) sangat disukai remaja untuk berekreasi. Lima remaja putra-putri merupakan “satu saudara” dan datang jauh-jauhh dari Kota Binjai.  
JALAN DITUTUP. Warga menonton perbaikan Jalan Banteng Medan, Sabtu, (14/09/2013). Jalan Banteng adalah jalan strategis penghubung Jalan Setia Luhur, Bakti Luhur, Amal Luhur, Budi Luhur, Ampera, dan Gatot Subroto.
PENGERJAAN JEMBATAN. Belum selesainya proses konstruksi pengerjaan perbaikan jembatan di Ranto Panjang Bayeun, Kab. Aceh Timur, (21/9/2013) membuat kendaraan yang melintas harus bergiliran. Ranto Panjang Bayeun dikenal dengan wilayah yang memiliki sumber daya rawa bakau yang indah, kerajinan atap nipah dan arang.
TERBENGKALAI. Akibat konflik RI-GAM beberapa tahun silam. Sebuah meunasah (musholla) di Dusun Perdamaian Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur,  Selasa,  (24/9/2013) terbengkalai. Dahulunya Dusun Perdamaian yang berada di Kampung Tempel didiami oleh sekitar 200 KK.
PERTAMINI. Menjamurnya usaha jual BBM “Pertamini” di sejumlah daerah membuat seorang warga Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Rabu, (25/9/2013) terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Harga jual bensin eceran di Rantau Panjang mencapai Rp. 8.000/liter. “Sensasi unik” saat mengisi bensin di “Pertamini” seperti di sebuah SPBU inilah yang membuat orang tertarik datang mengisi BBM.
TUGU. Tugu juang bambu runcing dan merah putih menandai Kota  . Sebagai “kota satelit” dan dinamis. Binjai memiliki peran penting bagi pertumbuhan Kota Medan, Rabu, (25/9/2013). Binjai dari dulunya dikenal sebagai sentra buah-buahan aneka rupa mulai dari rambutan, mangga, duku, kolang-kaling,
PESAN KAMPANYE. Spanduk kampanye caleg bertebaran di mana-mana. Secara sekilas pesan-pesan politik setiap caleg, mulai dari mohon doa dan dukungan serta program yang ditawarkan apabila nanti terpilih dapat kita baca dengan gamblang. Perhatikan pesan politik berikut ini: “Warung Wak Nani Kawan Bang Rasyid” yang berada di Jalan Bakti Luhur Medan, Kamis, (26/9/2013). Di manakah letak pesan kampanyenya?
MUSIK ANYWHERE. Empat buah speaker yang dipasang di atas box petunjuk pengisian BBM sebuah SPBU Jalan Asrama Ring Road Medan, Jumat, (27/9/2013). Musik dangdut yang mengalun sayup-sayup menjadi teman pengusir kejenuhan bagi pekerja SPBU.  
TABUNG GAS. Mobil pengangkut tabung gas menggunakan “kurungan besi” di Jalan Bakti Luhur, Medan, Sabtu, (28/9/2013). Oknum petugas tidak memasukkan/memuat tabung gas 3 kg ke dalam mobil dengan cara membuka “kurungan besi” terlebih dahulu. Melainkan dengan melemparkan begitu saja tabung-tabung gas 3 kg dalam bak mobil. Tindakan ini dapat mengakibatkan tabung gas bocor.
MIGRASI HEWAN. Bukan manusia saja yang suka berhijrah dan berpindah tempat. Hewan-hewan pun ternyata memiliki kebiasaan yang sama untuk bermigrasi. Hal ini terungkap dalam karya gambar Maula Mazin.
PENGEBORAN MINYAK. Demi bertahan hidup dan tidak tersedianya lapangan pekerjaan yang memadai membuat warga Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Senin (23/9/2013) melakukan pengeboran minyak secara tradisional. Ironisnya, warga bukan lagi mengebor minyak di tanah/ladang melainkan di jalan umum.
KUIL MARIAMMAN. Tembok luar Kovil (kuil) suci Shri Mariamman yang berada di Jalan Zainul Arifin Kampung Madras Medan Jumat, (22/3/2013). Kuil yang sudah berdiri sekitar 100 tahun lebih ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari pelbagai kalangan. Pengunjung dapat pula menikmati nuansa khas Hindu Tamil.
GEDUNG TUA. Sebuah bangunan tua yang kurang mendapat perhatian dari Pemkot di Kota Medan Jumat, (22/3/2013) memiliki nilai sejarah tinggi sudah beralih fungsi menjadi sekretariat sebuah organisasi buruh SPSI.
HU PORTIBI. Sebuah kantor media Harian Umum Portibi Medan, Jumat (22/3/2013). Portibi adalah nama sebuah Kec. Padang Lawas, Sumatera Utara.
HU MEDAN POS. Kantor Harian Umum Medan Pos, Jumat, (22/3/2013). Di Kota Medan ada sejumlah harian umum, satu di antaranya adalah Medan Pos.
GERBANG. Pintu utama masuk ke lapangan Merdeka Medan, Jumat, (22/3/2013) dipasang portal. Pada hari-hari biasa lapangan Merdeka umumnya digunakan warga Kota Medan sebagai sarana olahraga dan rekreasi. Selain itu, ruang publik ini setiap Minggu pagi ramai dipadati oleh sejumlah komunitas di Medan seperti: sepeda, dancer, skater, bmx, dan banyak lagi.
SUNGAI. Jarang sekali ditemukan sungai yang bersih dari sampah dan kotoran. Di samping itu, tidak tersedianya pembatas pagar antara tepi jalan dan sungai dapat membahayakan anak-anak yang tinggal di jalur tanah pada kanan dan kiri sungai (antara sungai dan tanggul) yang biasa disebut bantaran sebagaimana yang terdapat dalam foto.

SISA PENGEBORAN. Jerigen, tiang-tiang penyangga, genangan air, lubang pipa sisa pengeboran dibiarkan begitu saja. Antusiasme warga Rantau Panjang Peureulak Kab. Aceh Timur, Senin (23/9/2013) untuk melakukan pengeboran secara tradisional di ladang masing-masing warga menyisakan persoalan tersendiri bagi kesuburan tanah serta keberlangsungan ekosistem makhluk hidup. 
SEPEDA. Dua hal utama belajar naik sepeda adalah jaga keseimbangan dan jangan berhenti mengayuh. Sebagian besar anak-anak sangat suka bersepeda. Lebih baik anak-anak bermain dengan sepeda daripada harus teronggok di depan playstation, smartphones, dan warnet.
TIDUR. Seorang anak tertidur di antara tumpukan tempe. Mahalnya harga kedelai impor membuat sebagian besar pengusaha tempe dan tahu di Pulau Jawa berhenti beroperasi. Namun, tidak demikian halnya bagi Hanafi alias Acon 34 th. Pengusaha tempe asal Medan ini memilih terus berproduksi dan menyesuasaikan kenaikan harga tempe di pasaran.
DRUM. Kacang kedelai direbus dalam drum kaleng. Teknik merebus kacang kedelai memiliki takaran tersendiri. Dimasak sebentar pun bisa matang dan dimasak terlalu lama pun akan lembek.
ALAT BERAT. Sebuah alat berat (backhu) untuk meratakan tanah timbun yang berada di Jalan Bakti Luhur dan Amal Luhur Medan, Jumat, (24/5/2013). Dahulunya kedua lokasi yang ditimbun ini merupakan lahan sawah produktif.
TUNGKU. Sisa pembakaran tungku yang digunakan untuk merebus tempe milik pengusaha tempe Hanafi alias Acon yang berada di Jalan Setia Luhur Medan, Jumat, (14/6/2013). Sehari-hari Acon dapat memroduksi dan mengolah minimal 100 kg kacang kedelai impor (soybean produk Amerika) kualitas terbaik.
KOTAK INFAQ. BKM Masjid Al-Ikhlas Jalan Setia Luhur Medan, Kamis (28/3/2013) sedang memeriksa sebuah kotak infaq yang berusaha dibongkar paksa oleh maling.  
TELUR  AYAM. Seorang penjual telur ayam sedang membaca koran di Pasar Gambir Tembung, Jumat, (27/9/2013). Permintaan kebutuhan masyarakat terhadap telur sangat tinggi. Hal ini yang menyebabkan harga telur ayam di pasaran sangat bervariatif. Satu papan berkisar antara Rp. 30.000-33.000 dengan harga eceran berkisar Rp. 1.000-1100.
TUA-MUDA. Pemandian Alam Bitra Sembahe Sumut,  Minggu, (8/9/2013) diminati tua-muda sebagai sarana rekreasi. Rahman dan Mulyati (kakek-nenek) ini adalah kakak-beradik yang jauh-jauh datang dari Kisaran dan Cengkeh Turi Binjai.
RUMPUT. Sebuah becak pengangkut rumput di Jalan Bakti Luhur Medan. Rendahnya harga jual padi serta perawatan yang mahal membuat petani enggan menanam padi lagi. Lebih baik memanen rumput, tidak perlu perawatan dan memiliki harga jual untuk pakan ternak seperti kambing, sapi, dan lembu.
  
MENUNGGU. Para penjemput dan para pedagang menunggu “bubar sekolah” di SD Bakti Luhur Medan, Senin, (24/12/2011).
KUNCI. Ini kunci bukan sembarang kunci melainkan “kunci sakti” yang dapat membuka semua pintu yang ada di Istana Maimun Medan, Sabtu, (22/12/2011).
ADUK. Seseorang dalam sebuah perayaan Hari Idul Qur’ban sedang mengaduk gulai kambing di daerah Cengkeh Turi, Binjai, Minggu, (6/11/2011).
BAHAYA API. Kendaraan pemadam dan petugas sedang berusaha memadamkan api yang berkobar menghanguskan sebuah rumah di Jalan Asrama Ring Road Medan, Senin, (8/7/2013). Penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.
SALAH NAMA. Sebuah plang jalan yang salah nama, tertulis “Tengku Umar” (gelar tuanku Melayu) seharusnya ditulis “Teuku Umar” (gelar kehormatan untuk tuanku Aceh). Di Kota Medan ada sejumlah nama jalan yang mengalami kekeliruan dan kini plang tersebut sudah dibongkar.
ORNAMEN ISTANA. Harmonisasi tata lampu, mimbar singgasana sultan dan warna kuning-hijau mendominasi di langit-langit Istana Maimun Medan, Selasa, (22/11/2011). Harga tiket masuk berkisar antara Rp. 3.000-Rp. 5.000 rupiah.
SUDUT KOTA. Brayan dahulunya adalah sebuah tempat atau pulau yang “Berayun,” disebut demikian lantaran geografis tanahnya yang senantiasa bergerak. Kini “Brayan” menjadi kota mandiri di Kota Medan dengan fasilitas modern market, pasar tradisional, apotik, ruko, kampus, sekolah, masjid, warnet serta akses kendaraan umum yang mudah.
MIE BALAP. Penggemar mie tentu menyukai mie balap yang ditaburi dengan toge, bawang daung serta taburan kuah cabe. Mie balap ini terbuat dari mie putih berbahan baku tepung beras.
TEMPEL BAN. Seorang penempel ban di Jalan Asrama Ring Road Medan, Selasa, (23/7/2013) sedang menambal (melekatkan) sesuatu untuk menutup yang bocor, sobek, berlubang. Modus sebar paku di jalan sebaiknya jangan selalu “diprasangkakan” kepada penempel ban yang ingin mencari keuntungan melainkan juga harus berhati-hati kepada pelaku kejahatan seperti perampok yang sengaja menebar paku di jalan-jalan tertentu yang berlubang dan gelap.  
KIOS BUAH. Setelah puas menikmati pemandian alam di Sungai Sembahe. Dari jalan pulang menuju arah Medan, pelancong dapat mampir sebentar di kios buah masih segar yang berada di sepanjang tepi jalan. Harganya murah dan buah-buahannya pun beraneka rupa.
DURIAN TOPLES. Di sekitar Jalan Amir Hamzah Medan terdapat sejumlah pedagang yang menjual es durian dengan campuran tape, pulut, dan buah-buahan lain. Sekalipun yang dijual utamanya adalah durian tetapi jarang sekali terlihat ada buah durian yang masih utuh. Semuanya sudah masuk dalam toples.
PLN KRITIS. Terhitung sekitar seminggu ini mulai dari tanggal 7/10/2013-14/10/2013 listrik di Kota Medan, khususnya di Jalan Bakti Luhur tidak padam. Pelanggan PLN berharap hal ini berlangsung seterusnya, bukan sekedar meredam kemarahan warga SUMUT yang sudah puluhan tahun harus menderita gara-gara krisis listrik.

INSTALASI. Petugas sedang memasang instalasi sambungan kabel listrik di Jalan Bakti Luhur Medan, Kamis, (3/10/2013). PLN SUMUT mengalami krisis listrik yang berkepanjangan dengan memadamkan listrik sehari 3 kali. Hal ini jelas merugikan masyarakat.

PEKERJA. Dua pekerja pengeboran minyak mentah di Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Senin (23/9/2013) sedang beristirahat. Pengeboran minyak dilakukan secara tradisional. Prinsipnya, “sebagaimana mencari air begitupun cara mencari minyak.” Sistem upah pembagian adalah bagi hasil sesuai drum kaleng, drum fiber yang terisi.

JALAN RUSAK. Perbaikan parit menyebabkan penghubung jalur strategis Jalan Banteng Medan, Minggu, (7/7/2013) rusak dan tidak dapat dilalui. Jalan Banteng menghubungkan 6 jalur lintasan seperti Jalan Setia Luhur, Jalan Bakti Luhur, Jalan Amal Luhur, Jalan Budi Luhur, Jalan Ampera I, dan Jalan Jawa Sei Sekambing.

TOLAK. Buyung Daulay (berdiri), warga Dusun Benteng di Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Senin, (23/9/2013) menolak tanah dan ladangnya dibor. Bersebelahan dengan rumah Buyung Daulay warga sekitar dan pendatang siang-malam melakukan pengeboran/penarikan minyak mentah secara sporadis di bekas lapangan tenis (Bukit Telkom). Jumlah mereka bisa mencapai ratusan orang dengan lubang galian yang sudah tidak terhitung lagi.

BOAT. Perahu bermotor bersandar di dermaga kecil di Rantau Panjang Bayeun, Kab. Aceh Timur, Sabtu, (21/9/2013).

OBJEK FOTO. Kendaraan alat berat yang diparkir di sekitar Jalan Amal Luhur Medan, Minggu, (26/5/2013) menjadi objek foto bagi anak-anak. Sehari-hari kendaraan ini dipakai meratakan tanah timbun untuk pembangunan properti. Sebelumnya tanah yang ditimbun tersebut merupakan lahan sawah produktif.  


TNI HEMAT ENERGI. Program hemat energi tampaknya tidak hanya menjadi slogan bagi pengusaha yang bergerak di bidang sumber daya alam melainkan pula telah menyentuh ke lapisan aparat militer. Spanduk yang dibentangkan di Jalan Asrama Ring Road Medan, Sabtu, (16/6/2012) adalah imbauan untuk “Hidup Indah dengan Hemat Energi.”

SHRI VINAYAGAR. Di dalam Kuil Shri Mariamman yang berusia 100 tahun lebih, Kampung Madras Medan, Jumat, (22/3/2013) seorang turis anak dari negeri jiran Malaysia sedang memotret ruang mulasthaman tempat Shri Vinayagar bertahta. Berdasarkan aturan, ruang ini sebenarnya tidak boleh difoto. Saat masuk ke kuil Shri Mariamman hendaknya cuci kaki, membuka alas kaki, bersikap santun, berbicara patut dan berbusana sopan.

SEJOLI. Dua insan sejoli, pasangan suami istri sedang bersenda gurau di pemandian alam Bina Mitra Sembahe, Sumut, Minggu (8/9/2013).

BERLIBUR. Pengendara sepeda motor yang berlibur akan melintas di jembatan gantung pemandian alam Bina Mitra Sembahe, Sumut, Minggu (8/9/2013). Jamaluddin biasa disapa Andi penjaga pintu memberi aba-aba agar kendaraan berjalan tepan di tengah jembatan dengan laju kendaraan sedang.

SENIMAN. Seorang seniman sedang mendendangkan senandung lagu di atas atap sepeda motor roda tiga yang sudah dimodifikasi. Atraksi ini menarik perhatian mereka yang melintas di Jalan Bakti Luhur Medan, Senin (19/8/2013).
CUCI KARPET. Idris dan Hendra adalah contoh teladan anak muda yang mau meluangkan waktu berbuat kebajikan dengan mencuci karpet masjid Imanurrahman yang berada di Jalan Bakti Luhur Medan, Kamis, (4/7/2013).

BAZZAR. Mainan anak-anak yang dijual saat bazzar TK IKAL Medan, Sabtu, (13/4/2013). Harga jual mainan berkisar antara Rp. 5.000 sampai Rp. 50.000. Variasi mainannya antara lain: balon terbang, pistol air, masak-masakan, clay, kapal-kapalan.

BERMAIN. Dua anak kecil sedang bermain di bekas timbunan sawah produktif Jalan Bakti Luhur Medan, Kamis, (15/8/2013). Lahan sawah kini dikonversikan oleh properti, ruko, dan mall.    

INSIDEN. Deretan sepeda motor yang belum ditebus akibat insiden dan aksiden  masih terparkir di Kantor Polisi Sektor Diski, Medan, Jumat, (23/8/2013). Sepeda motor baru bisa diambil setelah administrasi dan cabut perkara selesai.

MAK SANGKOT. Sebagai tauke kelapa sawit, Mak Sangkot kini kesulitan mencari tukang dodos sawit. Pasalnya, warga Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Selasa, (24/9/2013) terutama laki-laki sejak Juli 2013 lalu mulai mengebor minyak mentah. Bandingkan, upah dodos sawit perkilo Rp. 300 rupiah. Sementara upah ngebor atau narik minyak apabila sumur minyak sedang menghasilkan upahnya sehari Rp. 100.000.

API ABADI. Nyala api terus menyala di sebuah ladang milik warga Rantau Panjang Peureulak, Kab. Aceh Timur, Selasa, (24/9/2013). Di sekitar rumah-rumah warga umumnya terdapat kepala telaga yang mengandung gas dan dapat menimbulkan nyala api.

BECAK MOTOR. Antrean becak motor mesin, kadang disebut BETOR (becak motor) atau BEMORU (becak motor model baru) yang sedang menunggu sewa angkutan di Kolam Renang Perumahan Bumi Asri Medan, Minggu (17/3/2013). Nasib miris pengemudi becak adalah tidak bisa memiliki becak yang sudah lunas dicicil karena terikat perjanjian dengan pihak koperasi. Seorang pembecak sambil bercanda mengatakan, “Koperasi kurang efektif, yang ada kuperasi. Diperas sampai menjadi terasi.”

KAYU BAKAR. Tumpukan kayu sisa pengerjaan mebel yang akan digunakan sebagai kayu bakar untuk merebus kacang kedelai.

JURNALIS. Dua jurnalis senior dari MBM TEMPO dan HU TEMPO, Sahat dan Ahmad Taufik sedang berbincang ringan di kedai durian dekat Stadion Teladan Medan. Ahmad Taufik ke Medan dalam rangka menjadi narasumber dalam sebuah acara STBM-High Five di Hotel Karibia Medan, Rabu, (12/12/2012).

PAPAN BUNGA. Ucapan “Selamat Berbahagia” atas penabalan nama anak datang dari PLT GUBSU Gatot Pujo Nugroho, ST melalui papan bunga yang dipajang di tepi Jalan Setia Luhur Medan, Sabtu, (9/2/2013).

PANGGUNG LOMBA. Perlombaan joged Melayu yang berlangsung saat festival “Melayu Agung” di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu, (7/7/2012).

TULIS DOA. Peziarah asal Sabah Malaysia sedang menulis doa permohonan dan rasa syukur kepada Tuhan di Gereja Suci Velangkanni Medan, Kamis, (25/4/2013). Gereja Velangkanni setiap harinya ramai dikunjungi peziarah lokal dan mancanegara. Di gereja ini pulalah terdapat mata air suci Bunda Maria yang terus mengalir tanpa henti dan dipercaya memberi khasiat  penyembuhan.

ROMBONGAN. Sejumlah anak-anak SD Yayasan Pendidikan Islam Dwikora di Jalan Bakti Luhur Medan, Jumat, (10/5/2013) sedang bersiap-siap naik angkot carteran menuju kolam renang. Olahraga renang termasuk yang digemari anak-anak SD.

PANGKAS-CUKUR. Sebuah kedai pangkas “Warisan” Jalan Bakti Luhur Medan, Jumat, (3/5/2013). Sejak PLN SUMUT krisis dan kritis, tukang pangkas rambut terkena dampak serius. Semula menggunakan alat cukur listrik yang praktis, kini terpaksa kembali menggunakan gunting manual untuk memangkas rambut.

GEDUNG PUTIH. Bangunan berlantai 4, berwarna serba putih, dilengkapi sistem keamanan berlapis yang berada di Jalan Sekip Medan ini dijuluki “Gedung Putih.” Sampai sekarang, Minggu, (6/10/2013), Gedung Putih dipakai sebagai kantor ormas IPK (Ikatan Pemuda Karya). Ketua Umum IPK saat ini Budi Panggabean. IPK didirikan oleh Olo Panggabean (Alm).

ANGKOT SEMBAHE. Angkot bernomor 104 jurusan Padang Bulan-Sembahe dapat mengantarkan penumpang langsung ke lokasi Arum Jeram Desa Sayum Sabah, Sembahe, Sumut, Minggu (8/9/2011).

JALUR ALTERNATIF. Lalu lintas padat melewati Jalan Kelambir V, Medan, Kamis, (9/10/2013). Jalur ini setiap harinya digunakan oleh pelbagai jenis pengendara mulai dari pejalan kaki, becak, motor, mobil, angkot, sampai kendaraan besar seperti truk. Jalan Kelambir adalah jalur alternatif yang dapat menghubungkan ke Gaperta, Tanjung Gusta, Tani Asri, Binjai, Kampung Lalang, Mencirim, Hamparan Perak, sampai ke Sungai Mati Belawan.

MELINTAS CEPAT. Kereta api Sri Lelawangsa melintas di Jalan Asrama Ring Road Medan, Kamis, (8/10/2013). Kereta ini beroperasi setiap hari mulai dari jam 5 pagi sampai jam 10 malam, mengangkut penumpang dari Medan-Binjai PP.

TRUK TANGKI GULA. Pekerja sedang menuang gula tetes bahan dasar kecap ke drum fiber. Gula terutama yang berasal dari tebu tidak selalu panen setiap. Setahun tebu panen hanya 2 kali.

BURUNG LEPAS. Waji seorang warga keturunan India Tamil sedang melemparkan jagung memanggil burung jalak yang lepas di Jalan Setia Luhur Medan, Rabu, (7/10/2013).

ANTUSIAS. Warga Bakti Luhur Kel. Dwikora, Kec. Medan Helvetia, Rabu, (9/10/2013) antusias melihat persiapan menjelang pemotongan hewan kurban.

PLASTIK KUPON. Panitia sudah menyiapkan sekitar 1000 kupon untuk 1000 kantong plastik berisi 1 kg yang nantinya akan dibagian ke warga yang tinggal di Jalan Bakti Luhur Medan.

BERHENTI. Kendaraan pengangkut semen, biasa disebut “truk molen” berhenti di tengah Jalan Setia Luhur Medan, Jumat, (18/10/2013). Pembangunan parit di sepanjang Jalan Setia Luhur belum menjadi berdampak positif. Sehari sebelumnya rumah-rumah di Jalan Setia Luhur terendam banjir setinggi betis kaki.  
PETUGAS. Petugas markah sedang memberi aba-aba kepada kendaraan yang sedang melintas di Jalan Asrama Ring Road, Jumat, (18/10/2013). Pengecatan markah ini sangat penting sebagai rambu-rambu demi menekan tingginya laju kecelakaan lalu-lintas jalan raya.

BATAS. Sepuluh tahun lalu, Kelurahan Dwikora yang ada di Jalan Asrama hanya sebuah jalan kecil (alternatif) menuju Pelabuhan Belawan, Pulo Brayan, Kapten Muslim, Gatot Subroto, Gaperta, Helvetia. Kini telah berubah menjadi jalan utama. Batas diperlukan untuk menandai wilayah antar kelurahan dan lingkungan masing-masing.
RM DAYUANG PALINGGAM.
PROPERTI BARU.
BANJIR BAKTI LUHUR. Tidak biasanya Jalan Bakti Luhur Medan yang menjadi penghubung dua jalan utama antara Jalan Kapten Muslim dan Jalan Asrama Ring Road Gagak Hitam terkena banjir, Kamis (17/10/2013). Kepala lingkungan setempat, pagi itu juga sekitar pukul 2 pagi berkoordinasi dengan kelurahan untuk memantau debit air. Jika kondisinya parah akan didatangkan perahu karet dan diumumkan di masjid agar semua warga waspada.  

Seruan Sanubari  berdiri sejak September 2012. Terlahir untuk merengkuh panggilan suara dari 6 dimensi inti yakni: spiritual, motivasi, tradisi, aksi peduli, literasi dan humaniti. Seruan Sanubari dapat didownload melalui Scribd.com.

Bagi yang bersimpati dapat menyalurkan donasi sukarela ke  nomor rekening: 
BCA  KCU DAGO BDG, 7771021283 a.n. Setiadi R. Saleh,
BNI ITB BDG, 0028165337 a.n. Setiadi R. Saleh.
BRI unit Peureulak Kab. Aceh Timur no rek. 3939-0100-9937-53-3, a.n. H. Mulyadi.

{Susunan Redaksi}

PENASIHAT AHLI: H. Mulyadi, SE, MM.
PEMIMPIN REDAKSI: Setiadi R. Saleh.
KONTRIBUTOR: Koko Hendrie Lubis, Pupun Pujiati, Teddy Teduh, Rahayu Rachman.
PENYELIA GAMBAR: Maula Mazin.
ALAMAT REDAKSI: Jalan Bakti Luhur  Lt 2, No. 199 A Medan-20123.  HP. 081265748769.

Redaksi menerima tulisan, saran-kritik, karya gambar anak.
 Silakan kirim ke alamat redaksi atau email: seruansanubari@gmail.com.
Panjang tulisan 1000-1500 karakter dilengkapi foto yang diberi keterangan.
Tulisan dan foto harus asli, bukan plagiasi, modifikasi atau duplikasi.
Tulisan yang dimuat akan mendapatkan honor.

Blog: www.seruansanubari.blogspot.com Twitter: @seruansanubari



















Comments