30 Menit Cara Baca Not Angka Langsung Bisa!


Oleh: Setiadi R. Saleh

Cara baca not angka yang paling mudah, pelajari dan kenali terlebih dahulu tangga nada dalam musik. Tangga nada terdiri dari Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si atau biasa ditulis 1 (do), 2 (re), 3 (mi), 4 (fa), 5 (sol), 6 (la), 7 (si) 1 (do’ tinggi). Tujuh tangga nada pertama dalam urutan tangga nada diatonik disebut dengan do. Do dilambangkan dengan angka 1, re dengan angka 2, begitu seterusnya.

Sementara, diatonik adalah tangga (skala) nada musik yang tiap oktafnya bernada delapan. Berbeda dari pentatonik yang terdiri atas lima nada seperti pada gamelan, sape (gitar masyarakat Dayak-Kalimanatan), hasapi (gitar masyarakat Batak), kacapi (alat petik masyarakat Sunda). Ada pula istilah kromatis yang berarti tangga nada turun dan naik setengah nada.

Not angka atau notasi musik (notasi angka), not ditentukan dengan angka 1,2,3,4,5,6,7. Nada 1 tanpa tanda titik adalah nada C. Sedangkan bila ada satu titik di atas not berarti naik satu birama dari nada semula. Sementara jika terdapat satu titik di bawah not berarti turun dari nada semula sebanyak satu birama. Kodefikasi angka ini berkaitan dengan tinggi rendahnya nada,  misalkan mi (3) dengan sol (5), itu berarti sol (5) lebih tinggi dari mi (3).

Jika dalam suatu lagu, nada dasarnya G dan ada tulisan 4/4/ itu maksudnya menunjukkan tanda birama pada ritme lagu yang akan dinyanyikan terdapat empat ketukan. Pertama ketukan harus kuat, lalu tiga ketukan berikutnya lebih pelan (lemah), masing-masing bila dihitung setiap ketukan berjumlah seperempat. Jika ada tulisan tempo 44, berarti ada 44 ketuk. Dalam notasi musik terdapat simbol dan istilah sendiri seperti tanda Crescendo dan tanda Decrescendo yang berarti adanya perubahan dinamika dari alunan keras lalu kembali perlahan.  

Apa pentingnya membaca not angka dalam bermusik? Penting sekali karena dengan bisa membaca not angka berarti dapat memainkan sebuah lagu meskipun lagu tersebut belum pernah didengar sebelumnya. Baik dengan alat musik saja (instrumen) maupun dengan tambahan vokal (suara) dan musik. Berbeda dengan orang yang bisa memainkan musik berdasarkan otodidak. Ia harus mendengarkan terlebih dahulu, baru kemudian dapat menyanyikannya kembali. Dalam bermusik ada orang yang lebih mudah menyerap melalui praktik langsung bermusik. Ada pula yang bisa cara baca not angka tetapi belum tentu mahir bermusik dan  sebaliknya pun demikian. Namun, tidak sedikit pula yang jenius dalam bermusik. Ahli memainkan alat musik sekaligus menguasai teknik vokal, dan membaca not angka.   


Nada dasar pada not angka ini adalah standar patokan. Kalau nada dasarnya tidak ditentukan terlebih dahulu. Maka nantinya nadanya menjadi tidak cocok (tidak pas). Nada dasar umumnya dimulai dari C sama dengan do ditulis C#  = do. Misalkan, jika nada dasarnya C berarti setelah itu kord (biasa disebut oleh orang awam dengan kunci) D, E, F , G A, B, C. Jika nadanya G, susunannya menjadi G A B C D E F# G. Hal ini berlaku pula untuk nada dasar A = do, susunannya pun berubah. 

Comments