Arloji Termahal di Dunia Seharga Rumah dan Isinya! (1)


Oleh: Setiadi R. Saleh

Arloji termahal di dunia selalu saja mengundang decak kagum. Sentuhan kemewahan, kemilau berlian, balutan emas serta dukungan perangkat teknologi modern berpadu menjadi satu dalam sebuah arloji.  Arloji tidak lagi sekedar jam biasa yang berfungsi untuk menunjukkan waktu, tanggal dan pergantian hari. Melainkan menjadi sebuah kemewahan bernilai tinggi dan menujukkan jati diri. Harga jam yang mahal bukan masalah bagi segelintir orang yang menyukai keindahan, prestise, penampilan dan kemewahan.
Arloji yang paling mahal saat ini adalah arloji tangan merk Hublot buatan Swiss. Bahannya terdiri dari emas seberat 140 karat dan berlian murni. Jam Hublot dipatok dengan harga super fantastis kisaran US$ 5 juta setara dengan Rp. 5 miliar. Coba pikirkan, uang segitu banyak mungkin sudah dapat dibelikan rumah mewah lengkap dengan segala isinya plus mobil serta sejumlah barang-barang mewah. Bayangkan!


Menurut direktur perusahaan, Jean-Claude Biver jam Hublot sangat digemari dan sudah dipesan sebelum jam itu jadi. Timbul pertanyaan? Sebenarnya apa yang membuat sebuah arloji menjadi demikian mahal? Mari kita urai satu-persatu. Pertama, bahan-bahan (komponen) termasuk jarum-jarum jam yang melekat pada jam tersebut sudah bernilai seperti berlian, emas, batu safir, permata, emas putih, kulit kualitas tinggi dan lain sebagainya; Kedua, arloji berkelas umumnya dikerjakan dengan sangat detail dan rumit. Jam Hublot kabarnya dikerjakan oleh 17 tenaga ahli dengan durasi lama waktu pengerjaan 17 bulan dan selesai pada tanggal 17 September; Ketiga, keluaran arloji berkelas sangat terbatas bukan untuk produksi massal; Keempat, arloji mahal berkelas diciptakan untuk tahan segala kondisi dan cuaca. Tahan api dan anti air; Kelima, pencinta arloji sangat mempercayai jika mereka dapat memiliki arloji termahal di dunia berarti nama mereka akan dicatat dalam sejarah dunia dan itu berarti menjadi kebanggaan tersendiri: Keenam, arloji mahal tidak harus selalu keluaran terbaru melainkan pula arloji antik yang sudah berumur ratusan tahun. 

Comments