Jangan Takut Ajak Bayi Belajar Berenang (Water Babies) (2)


 Oleh: Setiadi R. Saleh

Mengajak bayi berenang tidak perlu terlalu lama, terpenting bayi bisa beradaptasi dengan kolam renang. Manfaat dari bayi belajar untuk berenang adalah bagus untuk pertumbuhan. Bayi juga bisa “mengambang” dengan mudah di air.
Di negara-negara maju sekolah khusus untuk bayi belajar berenang (water babies) telah mengundang minat besar para orangtua. Satu di antara yang menjadi pelopor berdirinya sekolah renang untuk bayi adalah pasangan suami istri Paul & Jess Thompson. Kata Paul & Jess Thompson sebagaimana dikutip oleh Daily News, “Di water babies murid termuda berusia dua hari. Rata-rata bayi yang sekolah berenang berusia 45 hari.” Sebagian besar masyarakat di negara-negara maju sudah melihat hasil yang baik dan bermanfaat yakni bayi yang diajari berenang lebih percaya diri, mandiri, pertumbuhannya ideal dan mencapai keseimbangan antara saraf motorik dan otak. Karenanya tidak heran, di Inggris, Amerika, Cina, Iran, dan di Jerman sekolah renang sangat digemari. Dalam olahraga renang, Iran termasuk negara yang disegani selain Cina.
Apa yang terjadi setelah bayi bisa berenang? Saat mereka tumbuh menjadi kanak-kanak, mereka sudah terbiasa dengan kolam air yang dalam dan bisa melompat dari pinggir kolam, menyelam, dan mengapung.
Menurut Prof. Sigmundsson dan Prof. Brian Hopkins dari Lancaster University, “bayi yang diajari berenang memiliki ketahanan dan keseimbangan tubuh yang baik ketika mengalami masa pertumbuhan.” Sedangkan menurut pendapat pelatih renang profesional Laurie Lawrence, “Mengajarkan anak berenang sejak dini agar terbiasa dengan air dan dapat mengantisipasi dari risiko tenggelam.”
Manfaat bayi belajar berenang dan tips untuk berhati-hati saat di kolam renang antara lain:
  • Anak-anak tumbuh dengan baik, seluruh saraf-saraf di sekujur tubuh mulai kaki, jari tangan, badan, punggung menjadi bergerak.
  • Bagus untuk otak. Nantinya anak-anak yang dilatih berenang akan dapat berpikir luas (global) dan memiliki cakrawala berpikir yang rinci, teliti, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
  • Anak-anak dapat bersosialiasi dengan mudah dengan lingkungan sekitarnya.
  • Bagus untuk anak autis.
  • Baik untuk mengendalikan pola makan dan pola tidur supaya anak aktif bergerak. Sebab, makanan-makanan instan saat ini membuat anak lapar terus, tidak kenyang-kenyang dan cepat mengantuk. Coba perhatikan anak Anda, apakah mengalami gejala seperti itu, jika jawabannya benar. Maka, sebaiknya anak Anda segera berlatih berenang. Jika harus memanggil guru renang, carilah guru yang profesional. Jangan sampai melakukan tindak pelecehan. Sebab, sudah banyak kejadian guru latih renang. Bukannya melatih anak renang malah (maaf) memegang-megang hal-hal yang sensitif pada bagian tubuh anak.
  • Kolam renang tidak semuanya bersih, higienis, dan steril. Biar bagaimanapun orangtua perlu menjaga kesehatan anak. Setelah berada di kolam renang. Bilas dan basuhlah kembali dengan air pancuran, air bersih yang tersedia di kolam renang.
  • Dalam melatih bayi berenang jangan sampai air kolam masuk (tertelan) sengaja maupun tidak sengaja. Pilihlah kolam renang yang baik dengan fasilitas yang baik pula. Mahal sedikit tidak apa-apa yang penting bayi dan anak-anak puas. Orangtua pun tidak merasa khawatir untuk mengajak bayi berenang karena sudah tau kondisi kolamnya bersih.
  • Saat berenang bawalah atau belilah makanan ringan. Berenang terkadang membuat lapar. Jangan lupa menggunakan sabun.
  • Hati-hati juga ketika berada di dalam kolam renang. Barang bawaan Anda jangan sampai lengah dan tertinggal. Waspada, pencuri ada di mana-mana. Mau di kolam renang yang “merakyat-murah meriah” dan kolam renang mewah. Kejahatan dan pencurian bisa terjadi. Kolam renang yang memiliki kualitas yang standar selalu menyiadakan loker untuk menyimpan barang.  
Berenang bukan hanya bermanfaat bagi bayi dan anak-anak. Orang dewasa pun sangat baik apabila rajin dan berolahraga renang. Dari sudut pandang agama, manfaat berenang pun sudah pernah disampaikan oleh baginda Nabi Muhammad yang menyebutkan, “Latihlah anak-anakmu dengan tiga hal yakni: “memanah, berenang, dan mengendarai kuda.”

Jadi mulai sekarang jangan takut ajak bayi belajar berenang karena manfaatnya sudah jelas untuk kesehatan maupun untuk tumbuh kembang anak. ³

Comments