Pedoman Perjalanan Menuju Pantai Pangandaran

Oleh: Setiadi R. Saleh

Pantai Pangandaran adalah sebuah objek wisata yang terletak di Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Tepatnya berada di Desa Pananjung, 92 km dari Kota Ciamis ke arah Selatan. Dari Kota Bandung kira-kira 212 km. Jalur yang dilewati dari Bandung– Ciamis– Banjar– Pangandaran. Jalur untuk sampai ke Pantai Pangandaran, mudah sekali. Baik dengan kendaraan sendiri maupun dengan kendaraan umum.

Di Pantai Pangandaran pengunjung dapat menikmati sunset-sunrise (matahari terbenam dan matahari terbit). Ada sebuah lokasi di Pangandaran yakni pasir putih. Pengunjung dapat melihat keindahan batu karang, ikan, pesisir dan bebatuan. Keamanan Pantai Pangandaran sangat terawasi dengan baik. Penjaga pantai siaga selalu menjaga setiap pengunjung.

Jika Anda ke Pangandaran, jangan hanya ke pantai. Berkunjunglah juga ke kawasan cagar alam dan goa (gua) alami. Ada beberapa gua yakni Goa Rengganis, Goa Sumur, Goa Lanang, Mudal, dan Goa Miring.

Khusus yang ingin menempuh perjalanan dengan menggunakan bus. Terminal Pangandaran berada dekat Pasar Pangandaran, terletak di  Jalan Raya Merdeka. Bus yang menuju Pangandaran dari Jakarta (terminal Kampong Rambutan) seperti bus PO. Perkasa Jaya, PO.Budiman.  Sebelum sampai di Pangandaran, sebaiknya memesan tempat menginap. Ada banyak bungalow murah di Pangandaran.


Harga Tiket Masuk ke Pantai Pangandaran

Tarif tiket untuk masuk ke lokasi Pantai Pangandaran sebagai berikut:

·         Pejalan kaki                            Rp.   3.000,-
·         Pengendara sepeda motor       Rp.   6.100,-
·         Kendaraan roda empat, sedan            Rp.  14.700,-
·         Kijang dan sejenisnya            Rp.  27.700,-
·         L300                                        Rp.  40.700,-
·         Bus kecil                                 Rp.  52.500,-
·         Bus sedang                              Rp.  79.500,-
·         Bus pariwisata                         Rp. 130.500,-

Selain melalui jalan darat. Pengunjung dapat mengunjungi Pangandaran dengan pesawat terbang dan mendarat di Bandara Nusawiru. Dari Bandung ada yang langsung ke Pangandaran. Dari Jakarta melalui Bandara Halim Perdanakusuma. Penerbangan setiap hari dengan harga tiket sekitar Rp. 520.000,-
 

Tips Sebelum ke Pangandaran

Sebelum ke Pangandaran ada sejumlah persiapan antara lain:

·      Mencari informasi seputar tempat wisata, akomodasi dan fasilitas penunjang selama di Pangandaran.
·      Event wisata yang bertepatan dengan jadwal liburan Anda pasti akan menyenangkan. Jadi selama di Pangandaran Anda akan melihat event-event budaya dan alternatif liburan.
·      Peta wisata interaktif. Smartphones sudah menyediakan GPS, Maps Mobile dan lain sebagainya. Manfaatkan hal itu ketika sedang dan akan ke Pangandaran. Baik untuk menemukan arah maupun mencari titik-titik lokasi wisata yang menarik di Pangandaran. 
·      Pilihan hotel dan restoran atau tempat-tempat makan yang asyik, murah serta higienis.


Jika memang Anda memiliki kantong pas-pasan. Bungalow murah di Pangandaran adalah solusi terbaik untuk menginap di Pangandaran. Ingat, jangan sekedar murah. Pilihlah yang bungalownya bersih, layanan bagus dan kamar mandi steril (clean and large rooms). Lain hal jika Anda memang tipe petualang. Anda bisa tidur di masjid, di pantai dengan udara terbuka, cukup memakai sleeping bag. Selamat liburan, happy holiday!³    

Comments