Perbedaan Not Balok dan Not Angka

Oleh: Setiadi R. Saleh

Notasi yang umum dipakai dalam bermusik adalah notasi angka dan notasi balok. Masing-masing terdapat kelebihan dan kekurangan dalam cara baca not angka dengan not balok. Misalnya dalam piano atau keyboard dibutuhkan partitur. Partitur ini menunjukkan not dan kord/kunci apakah C, F, G, A, B, D. Kadang dalam masyarakat awam terdapat pandangan bahwa not balok dianggap lebih sulit daripada not angka. Perbedaannya kira-kira seperti berikut ini:

  1. Kelebihan not balok
·      Penempatan atau penunjukkan letak dan posisi not, tepat, jelas dan akurat. Jadi, tidak akan tertukar antara nada yang tinggi dan nada yang rendah.
·      Terdapat tanda dari nilai not seperti gambar bendera yang diberi blok warna hitam atau warna putih pada bagian kepala not. Hal ini penting sekali untuk menandai nilai dari not suatu lagu.
·      Melalui not balok pemain dari manapun di seluruh dunia akan dapat memainkan sebuah lagu walaupun lagu tersebut belum pernah ia dengar.
·      Kelemahan not balok karena menuliskannya jauh lebih rumit. Apalagi bagi yang belum terbiasa sama sekali. Tidak akan bisa langsung membaca meskipun itu seorang musikus (pemain musik).  
·      Not balok ditulis dengan tanda 5 garis dan 4 spasi biasa disebut juga “garis paranada.”

B.     Kelebihan not angka
·      Menuliskannya lebih mudah dan bagi sebagian orang khususnya pemula dapat memahaminya dengan cepat. Kekurangan not angka adalah tidak dapat menunjukkan letak dan posisi tuts pada piano/keyboard. Terutama untuk nada rendah dan nada tinggi. Selain itu, not angka tidak dapat menunjukkan berapa nilai ketukan (nilai not) karena tidak terdapat “bendera” sebagaimana pada not balok.
Not Angka Dalam Digital Software
Seiring dengan perkembangan TIK (teknologi informasi komunikasi) yang dalam bahasa mudahnya disebut internet. Kini, tidak susah-susah lagi mencari not angka dan not balok pada lagu tertentu. Ada banyak sekali lagu yang sudah ada not angkanya. Tinggal diunduh dan dapat dipelajari sendiri di rumah.
Penulisan not angka dapat pula dilakukan dengan hape/ponsel pintar/gadget canggih berbasis sistem android atau Apple. Terdapat sejumlah aplikasi musik dan Anda bisa membuat sendiri program  MIDI musik. Tersedia pula software untuk mengetahui not angka dari suatu lagu. Pertama sekali didownload lalu diinstall. Setelah diinstall lalu buka aplikasi dan pilih lagunya setelah itu Compose. Tekan tombol Play, pembacaan not angka akan berjalan otomatis/mencatat angka sampai selesai.

Macam-macam Istilah Dalam Musik
Ada sejumlah istilah yang terdapat dalam musik antara lain:
·         Irama, tanda birama atau ketukan yang teratur.
·         Tempo, tempo berhubungan beat suatu lagu, cepat-pelan-lambat. Ukurannya suatu tempo ketukan dinyatakan dalam menit.
·         Tempo ini banyak sekali macamnya. Menurut JN Maelzel (1814) tempo dibagi dalam khidmat (grave), lambat berperasaan (adagio), lambat (largho).
·         Dinamik, perubahan bunyi, kuat atau lembut dan perlahan-lahan. Tanda (simbol) yang digunakan antara lain: Lembut, pianissimo (pp) sangat lembut, piano (p) lembut, mezzopiano (mp) sedang lembut. Kuat, fortissimo (ff) sangat kuat, forte (f) kuat, mezzoforte (mf) agak kuat.
·         Aransemen, menambahkan bagian dari setiap iringan dan harmoni baru.
·         Improvisasi, vokal atau instrumen melalukan spontanitas dalam bermusik dan masih dalam bingkai nada-nada yang tepat/sesuai.
·         Fals, istilah untuk menyebutkan suara vokal tidak memiliki nada, irama. Tidak “masuk” antara suara musik dan suara penyanyi (vokal).

 Cara Baca Not Angka

Untuk menandakan tangga nada diatonis dibagi dalam dua bagian yakni mayor dan minor. Ciri dari tangga nada mayor menggunakan nada do (1) dengan pola jaraknya 1,1, ½, 1, 1, 1, ½. Umumnya lagu-lagu dalam nada mayor adalah lagu-lagu gembira. Sedangkan untuk nada minor cirinya adalah nada dasar menggunakan nada ke 6. Pola interval jaraknya 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1. Nada minor umumnya digunakan untuk nada-nada sedih. Pemula yang ingin sekali belajar not angka saat tersedia banyak buku dan aplikasi yang dapat diunduh. Rajin berlatih, banyak bertanya kepada ahli. Dijamin, dalam 30 menit Anda pasti bisa membaca not angka. Sedangkan untuk kualitas bermusik rajin dan tekun terus dalam berlatih. Fokus!²

Comments