Makna Gambar Logo Makanan (Food Logo Design Meaning)


Oleh: Setiadi R. Saleh                                     

Di dalam gambar logo makanan selalu ada “pesan tersembunyi” (hidden messages). Pesan tersembunyi tersebut dapat berupa gambar, warna, bentuk, simbol dan teks. Sebaiknya jangan terkecoh oleh simbol. Simbol/lambang/ikon dalam ranah luas terutama dalam budaya pop (pop culture) bukan lagi dianggap keramat (hanya boleh/tidak boleh dipakai) oleh institusi tertentu. Simbol-simbol “suci” sekalipun dapat kita temukan dalam kemasan produk-produk makanan.

Contoh sekilas kira-kira deskripsinya begini, di Bandung ada produk “Tahu Tauhid.” Tauhid adalah inti ajaran Islam, tidak ada tuhan lain selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Mengapa tiba-tiba ada produk makanan tahu bernama Tauhid. Lalu di Jakarta, ada yang namanya “Buddha Bar.” Budda adalah nabi suci yang membawa pencerahan dan darma kebajikan. Mengapa dipakai nama sebuah bar. Pembaca mungkin tau bar isinya apa saja, minuman dan makanan yang disuguhkan bagaimana serta pengunjung bar datang berpakaian seperti apa dan bagaimana. Apakah salah dan keliru pengelola bar, menggunakan nama “Buddha.” Begitu pula dengan nama “Tahu Tauhid.” Masih teramat banyak sekali contoh-contoh, di mana simbol-simbol dapat menjadi masalah tersendiri. Mengingat sebuah simbol terkadang sudah masuk ke ranah luas, publik dan bersifat universal.

Prinsipnya sebentuk gambar yang dipakai sebagai logo makanan adalah proses membangun ciri khas, merk dan brand identity. Logo yang simpel mudah dikenali serta gampang diingat membuat prospek-customer cepat mengingat produk yang ingin dijual. Bisnis dibangun dari reputasi, produk akan mengikuti mutu, pelanggan akan berdatangan. Karenanya, bikinlah dan desain  food logo yang memberikan inspirasi. Logo harus pula didukung dengan iklan-iklan promo yang membuat customer tertarik. Contoh: sebuah rumah makan yang bernuansa pegunungan membuat logo katakanlah cabe dan tomat, lalu ada iklan tambahan dengan foto-foto hamparan padi sawah hijau dengan latar belakang gunung berkabut, burung-burung terbang di atas pematang, anak-anak berlari mengejar belalang dan katak, sebuah sawung dengan hidangan lauk pauk dan teh hangat. Pendek kata, suasana dapat membangkitkan selera makan.

Arti warna Gambar Logo Makanan

  • Merah digunakan untuk memberikan penekanan terhadap sesuatu yang penting. Misalkan makanan tertentu tidak boleh dimasukkan dalam lemari es atau tidak boleh terbuka, kena sinar matahari langsung, dan cepat berbau apabila tidak diolah.
  • Putih atau biru, menunjukkan gambar makanan yang bisa memberikan energi dan semangat. Karenanya coba perhatikan, iklan-iklan makanan atau minuman, kebanyakan memakai warna biru atau putih.
  • Hijau sebagai simbol representasi dari kebersihan dan kesehatan. Produk makanan yang mengiklankan produknya umumnya memakai warna hijau.
  • Perak melambangkan untuk makanan diet. 

Comments